Strategi Guru dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Alquran Hadis pada Siswa Kelas IV di MI Islamiyah Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan

Labibah, Nurhana (2020) Strategi Guru dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Alquran Hadis pada Siswa Kelas IV di MI Islamiyah Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pada dasarnya setiap pembelajaran tidak terlepas dari kendala dan hambatan yang memerlukan solusi. Demikian juga pembelajaran mata pelajaran Alquran Hadis khususnya pada siswa kelas IV MI Islamiyah Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan mengalami berbagai problem, di antaranya: terdapat siswa yang sudah lancar membaca Alquran tetapi penerapan makhorijul huruf dan tajwidnya kurang tepat, ada siswa yang belum lancar membaca Alquran bahkan ada juga siswa yang sama sekali belum bisa membaca Alquran. Untuk mengatasi problematika tersebut diperlukan tindakan-tindakan yang harus dilakukan oleh guru dengan menggunakan strategi yang relevan untuk mencapai hasil yang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apa saja problematika pembelajaran Alquran Hadis pada siswa kelas IV di MII Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan dan bagaimana strategi guru dalam mengatasi problematika pembelajaran Alquran Hadis pada siswa kelas IV di MII Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan problematika dan mendiskripsikan strategi guru dalam mengatasi problematika pembelajaran Alquran Hadis pada siswa kelas IV di MII Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan th 2019/2020. Kegunaan penelitian adalah dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk meningkatkan mutu dalam pembelajaran siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan metode deksriptif analisis bersifat induktif. Kesimpulan penelitian ini adalah: Problematika Pembelajaran Alquran Hadis pada Siswa kelas IV MI Islamiyah Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan yaitu: Pertama, perkembangan dan kecerdasan siswa dalam pembelajaran yang berdampak pada kurang menguasai makhorijul huruf dan tajwid, serta karakteristik peserta didik yang berbeda latar belakang keluarga dan sosial atau lingkungannya. Kedua, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan semestinya dan seharusnya didalam kelas oleh guru yang dikarenakan terbatasnya alokasi waktu sedangkan materi yang diajarkan terlalu banyak. Ketiga, metode pembelajaran yang cenderung membosankan sehingga siswa tidak konsen dalam pembelajaran dan bermain sendiri. Keempat, media dan sumber belajar yang terbatas, kurangnya buku penunjang pembelajaran Alquran Hadis dan minimnya media dalam pelengkap pembelajaran. Adapun strategi guru dalam mengatasi problematika pembelajaran Alquran Hadis pada siswa kelas IV MI Islamiyah Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan yaitu: Pertama, strategi peningkatan mutu pembelajaran peserta didik dengan memotivasi siswa agar meningkatkan belajar membaca, menulis dan menghafal sesuai dengan tajwid dan makhorijul huruf, serta meningkatkan perhatian dan kesadaran orang tua siswa. Kedua, strategi peningkatan mutu profesionalisme guru: membuat dan menggunakan RPP dalam pembelajaran, mengikuti pelatihan guru dan mencari perbandingan sebagai pendukung. Ketiga, strategi peningkatan mutu metode pembelajaran: memberikan beberapa permainan yang dapat mencairkan suasana di dalam kelas untuk menghilangkan kebosanan, memfokuskan konsentrasi siswa dan merefresh siswa agar semangat kembali dalam belajar. Keempat, strategi peningkatan mutu media dan sumber pembelajaran: menambah dan melengkapi media dan sumber belajar serta sarana pembelajaran Alquran Hadis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran dan Alquran Hadis
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 04 Jun 2021 07:59
Last Modified: 04 Jun 2021 07:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1363

Actions (login required)

View Item View Item