Analisis manajemen kurikulum pendidikan islam terpadu dalam membina akhlak siswa di SDIT insan mulia Kajen Kabupaten Pekalongan

Nugraheni, Winda Rusika (2020) Analisis manajemen kurikulum pendidikan islam terpadu dalam membina akhlak siswa di SDIT insan mulia Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Manajemen kurikulum merupakan suatu proses kegiatan pengelolaan, pengaturan, dan memberdayakan SDM dan sumber daya kurikulum dalam rangka menjalankan sistem pendidikan berdasarkan kurikulum yang telah direncanakan dan disusun secara sistematis agar kegiatan pendidikan dengan lancar dan dapat tercapainya tujuan yang telah ditentukan. Berdasarkan pengamatan awal, peneliti melihat bahwa akhlak siswa di SDIT Insan Mulia sangat baik dengan menunjukkan sikap sopan dan ramah. SDIT Insan Mulia juga terkenal memiliki tingkat prestasi yang tinggi dengan menjadi juara dalam berbagai lomba. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum SDIT Insan Mulia Kajen yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam membina akhlak siswa SDIT Insan Mulia Kajen. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan dilakukan pada bulan Januari-Februari 2020 di SDIT Insan Mulia Kajen.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan dari penelitian ini adalah : (1) Akhlak siswa SDIT Insan Mulia sudah dapat dikategorikan baik berdasarkan kriteria akhlak menurut Islam yaitu jujur/amanah, kerjasama, konsisten (dalam hal ibadah dan melakukan hal-hal baik seperti sopan santun terhadap guru dan orang yang lebih tua lainnya), dan disiplin. Akhlak siswa terbentuk melalui pembinaan akhlak siswa SDIT Insan Mulia yang dilakukan selama proses pendidikan dengan metode pembiasaan dan metode kedisiplinan dengan penerapan program-program sekolah yang tertera dalam kurikulum. (2) SDIT Insan Mulia menggunakan kurikulum Islam Terpadu dengan mengkolaborasikan kurikulum dari Kementerian Pendidikan dan Budaya, kurikulum JSIT dan kurikulum dari Kementerian Agama dengan tujuan agar siswa tidak hanya memiliki pengetahuan yang baik namun juga akhlak yang sesuai dengan norma dan ajaran Islam. (3) Manajemen kurikulum pendidikan di SDIT Insan Mulia terdiri dari 4 tahap yaitu pertama perencanaan dilakukan dengan rapat kerja pada awal semester untuk merencanakan dan menyusun seluruh program kegiatan pendidikan. Kemudian tahap pengorganisasian dengan melakukan pembagian tugas dan penjadwalan kegiatan sesuai dengan scope (bagian) sesuai dengan perencanaan. Selanjutnya tahap pelaksanaan kurikulum dengan internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam sekaligus pembinaan akhlak kepada siswa sebagai objek pendidikan. Kemudian tahap terakhir adalah pengawasan dengan supervisi yang dilaksanakan selama proses pendidikan itu berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNur Khamidi, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Pendidikan Islam, Akhlak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:04
Last Modified: 11 Jun 2021 03:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1364

Actions (login required)

View Item View Item