Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Smpn 1 Kajen

Sintawati, Naila (2025) Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Smpn 1 Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121044_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2121044_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2121044_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rendahnya minat baca masih menjadi persoalan serius dalam dunia pendidikan di Indonesia, termasuk di Kota Pekalongan, meskipun berbagai program literasi telah diterapkan. Padahal, minat baca berperan penting dalam membentuk kemampuan berpikir kritis siswa, terutama dalam menghadapi tantangan era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat baca dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 Kajen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII, dengan sampel sebanyak 76 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur kedua variabel. Analisis data dilakukan melalui uji prasyarat (normalitas dan linearitas), uji korelasi Pearson, regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi menggunakan bantuan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara minat baca dan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,020 dan koefisien korelasi Pearson sebesar 0,267, yang termasuk dalam kategori korelasi rendah. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis tidak hanya dipengaruhi oleh minat baca, melainkan juga oleh faktor lain seperti gaya belajar, peran guru dalam memberikan stimulasi berpikir, serta pemanfaatan media digital sebagai sumber literasi. Faktor-faktor tersebut saling mendukung dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyadi, Mokh. ImronUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Minat Baca, Berpikir Kritis, PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:45
Last Modified: 24 Jun 2025 07:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13673

Actions (login required)

View Item View Item