MAHARANI, SANIA (2025) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Perilaku Bullying Siswa Di Mi Muhammadiyah Kranggan Tersono Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121150_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2121150_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2121150_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perilaku bullying merupakan masalah serius di lingkungan pendidikan yang memengaruhi perkembangan mental dan emosional siswa. Bullying sering terjadi dalam berbagai bentuk, seperti fisik, verbal, relasional, dan cyber bullying, yang dapat merugikan korban baik secara fisik maupun psikologis. Penelitian ini dirumuskan untuk menganalisis bentuk-bentuk perilaku bullying yang terjadi di MI Muhammadiyah Kranggan serta strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menangani dan mencegah kasus bullying. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran komprehensif tentang peran guru PAI dalam mengatasi perilaku bullying melalui pendekatan berbasis nilai-nilai agama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan utama penelitian ini melibatkan guru PAI dan siswa yang menjadi korban atau saksi dari perilaku bullying di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying di MI Muhammadiyah Kranggan meliputi tindakan fisik seperti mendorong dan mencubit, bullying verbal seperti pemberian julukan negatif, bullying relasional seperti pengucilan, serta cyber bullying melalui pesan media sosial. Guru PAI menerapkan berbagai strategi untuk menangani bullying, antara lain dengan pendekatan religius yang menanamkan nilai-nilai moral Islam, konseling individu untuk membantu siswa yang terlibat, serta penguatan karakter melalui kegiatan keagamaan. Selain itu, guru memberikan sanksi mendidik bagi pelaku bullying dan melakukan pengawasan ketat selama proses pembelajaran. Strategi-strategi ini bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendorong perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Bullying, Strategi Guru PAI, Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jun 2025 06:09 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jun 2025 06:09 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13676 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |