Damhudi, Ayu Nanda Putri (2025) Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di KB Darul Ilmi Desa Srengseng Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2421080_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2421080_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2421080_Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Putri Damhudi, Ayu Nanda. 2025, 2421080, Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di KB Darul Ilmi Desa Srengseng Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dimas Setiaji Prabowo, M.Pd Kata Kunci: Peran Guru, Motorik Halus, Anak Usia Dini Peran guru sangat penting dalam pendidikan anak usia dini, terutama dalam mengoptimalkan kemampuan motorik halus mereka. Dengan memanfaatkan berbagi media pembelajaran yang beragam, anak-anak akan menjadi lebih kreatif dan mandiri. Oleh karena itu, jika guru menjalankan perannya dengan baik, perkembangan anak usia dini akan selaras dengan indikator yang telah ditetapkan. Rumusan masalahnya yakni (1) Bagaimana peran guru dalam mengoptimalkan motorik halus anak usia 5-6 tahun di KB Darul Ilmi (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam mengoptimalkan motorik halus anak usia 5-6 tahun di KB Darul Ilmi beserta solusinya. Tujuan dari penelitiannya guna mengetahui peran guru dalam mengoptimalkan motorik halus anak usia 5-6 tahun di KB Darul Ilmi dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam mengoptimalkan motorik halus anak usia 5-6 tahun di KB Darul Ilmi beserta solusinya. Metodenya berjenis penelitian lapangan atau file research dengan pendekatannya kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya memakai observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mencerminkan peran guru dalam mengoptimalkan motorik halus anak di KB Darul Ilmi guru memakai beberapa peran yakni: peran guru sebagai pengajar, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai demonstrator, peran guru sebagai motivator, dan peran guru sebagai evaluator. Faktor pendukung guru dalam mengoptimalkan motorik halus anak di KB Darul Ilmi yakni kemampuan atau keterampilan guru dan media pembelajaran atau sarana prasarana dalam menunjang motorik halus. sedangkan faktor penghambat guru dalam mengoptimalkan motorik halus anak di KB Darul Ilmi yakni orang tua solusinya yakni orang tua meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan anak dan orang tua dapat membantu mendukung proses belajar yang sudah dimulai disekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Motorik Halus, Anak Usia Dini | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 03:38 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 03:38 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13698 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |