Falakha, Nadia (2025) Pengaruh Etika Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Smk Ma’arif Nu Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121024_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2121024_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2121024_LampiranSkripsidocx.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar Pendidikan Agama Islam tidak selalu optimal, hal ini terlihat dari perilaku siswa yang kurang mendukung, seperti kurangnya sikap hormat terhadap guru, minimnya partisipasi aktif di kelas, kecenderungan mencontek saat ujian, serta kurangnya kedisiplinan siswa. Meski demikian, terdapat juga siswa yang menunjukkan perilaku positif, walaupun belum konsisten di seluruh kelas. Etika dan Kedisiplinan belajar siswa memegang peranan penting dalam proses pembelajaran sehingga kedua faktor tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) menganalisis apakah ada pengaruh etika belajar terhadap hasil belajar mata Pelajaran Pendidikan agama Islam kelas XI SMK Ma’arif NU Kajen Pekalongan (2) menganalisis apakah ada pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar mata Pelajaran Pendidikan agama islam kelas XI SMK Ma’arif NU Kajen Pekalongan(3) menganalisis apakah ada pengaruh etika dan kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar mata Pelajaran Pendidikan agama Islam kelas XI SMK Ma’arif NU Kajen Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperimental dengan jenis penelitian survei. Variable independen (X1 dan X2) dan variabel dependen (Y) yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data angket/kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi uji instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis dengan analisis regresi linier sederhana, dan analisis regresi linier berganda. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukan bahwa etika dan kedisiplinan belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam. (1) Variabel etika belajar (X1) mempunyai nilai signifikan 0,000 kurang dari 0,05 dengan perolehan nilai t_hitung sebesar 5.063, yang lebih besar dari t_tabel (1,666) dan besarnya pengaruh etika belajar terhadap hasil belajar PAI sebesar 26,3% dilihat dari R Square dalam koefisien determinasi. (2) Variabel kedisiplinan belajar siswa (X2) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan perolehan nilai t_hitung sebesar 3.826, dimana nilai tersebut lebih besar dari t_tabel (1,666). Besarnya pengaruh X2 terhadap Y adalah sebesar 16,9 %. (3) Pengaruh simultan antara variabel etika belajar (X1) dan kedisiplinan belajar siswa (X2) terhadap hasil belajar (Y) dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 serta nilai f_hitung sebesar 16.001 > f_tabel 3,13. Hal ini menunjukan bahwa dengan memperhatikan etika dan kedisiplinan belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI SMK Ma’arif NU Kajen Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Etika, Kedisiplinan, Hasil Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 03:38 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 03:38 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |