Penerapan Teknik Ecoprint Menggunakan Bahan Daun Untuk Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Kelas 4 MII Banyurip Ageng 01 Pekalongan

Rahmi, Nadhifa Fairuz (2025) Penerapan Teknik Ecoprint Menggunakan Bahan Daun Untuk Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Kelas 4 MII Banyurip Ageng 01 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321102_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2321102_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2321102_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Teknik Ecoprint merupakan salah satu cara mengolah kain putih dengan memanfaatkan berbagai tumbuhan yang dapat menghasilkan warna-warna alami. Teknik ecoprint digunakan untuk menghias permukaan suatu kain dengan berbagai macam bentuk dan warna yang dihasilkan dari bahan alam. Dengan adanya teknik ecoprint peserta didik dapat mengasah perkembangan kreativitas ramah lingkungan pada peserta didik kelas 4 MII Banyurip Ageng 01 Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kegiatan penerapan teknik ecoprint Menggunakan Bahan Daun Untuk Mengembangkan Kreativitas Ramah Lingkungan Peserta Didik Kelas 4 MII Banyurip Ageng 01 Pekalongan dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penyebab pada kegiatan penerapan teknik ecoprint Menggunakan Bahan Daun Untuk Mengembangkan Kreativitas Ramah Lingkungan Peserta Didik Kelas 4 MII Banyurip Ageng 01Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah dan guru wali kelas 4 serta observasi di MII Banyurip Ageng 01 Pekalongan. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi terkait pelaksanaan kegiatan penerapan teknik ecoprint di MII Banyurip Ageng 01 Pekalongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Ecoprint Menggunakan Bahan Daun Untuk Mengembangkan Kreativitas Ramah Lingkungan Peserta Didik Kelas 4 MII Banyurip Ageng 01 Pekalongan mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan yang pertama ialah mementuk tim fasilitator, selanjutnya tim menentukan tema,topik dan alokasi waktu. Dan langsung disampaikan kepada guru agar guru dapat membuat Modul Ajar yang sesuai, pada tahap pelaksanaan menerapkan teknik ecoprint menggunakan cara memukul atau bisa disebut dengan teknik pounding. Dalam penerapan teknik ecoprint terdapat proses akhir yang dinamakan penguncian warna dengan cara menjemur dengan waktu kurang lebih 10-15 menit. Pada tahap evaluasi dari kegiatan penerapan teknik ecoprint ini berupa evaluasi proses melalui pengamatan selama proses kegiatan tersebut berlangsung. Evaluasi yang digunakan juga dengan melihat sejauh mana kemampuan peserta didik dengan melihat kreativitas peserta didik dalam membuat projek teknik ecoprint ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHayudinna, Hafizah GhanyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teknik Ecoprint, Kreativitas Ramah Lingkungan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Jun 2025 03:22
Last Modified: 25 Jun 2025 03:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13708

Actions (login required)

View Item View Item