Khaya, Syadidal (2025) Problematika pembelajaran bahasa jawa materi menulis aksara jawa siswa kelas V SD Negeri Rowocacing Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2318028_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text
2318028_Full Text.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
20 LAMPIRAN(2).pdf Download (447kB) |
Abstract
ABSTRAK Khaya, Syadidal. 2025. “Problematika pembelajaran bahasa jawa materi menulis aksara jawa siswa kelas V SD Negeri Rowocacing Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Mohammad Irsyad, M.Pd.I. Kata Kunci: Problematika belajar, menulis aksara jawa, bahasa jawa Tantangan dalam menulis aksara jawa di SD Negeri Rowocacing menunjukkan bahwa siswa kelas V menghadapi berbagai kesulitan dalam mempelajari dan menulis aksara jawa. Kesulitan ini meliputi pemahaman bentuk aksara, penerapan sandhangan dan pasangan, serta keterampilan motorik halus untuk menulis dengan rapi dan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan belajar siswa menulis aksara jawa dalam pembelajaran bahasa jawa kelas V SD Negeri Rowocacing. (2) Mendeskripsikan problematika belajar siswa menulis aksara jawa dalam pembelajaran bahasa jawa kelas V SD Negeri Rowocacing. (3) Mengetahui Solusi atas belajar siswa menulis aksara jawa dalam pembelajaran bahasa jawa kelas V SD Negeri Rowocacing. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan belajar siswa menulis akasara jawa dalam pembelajaran bahasa jawa kelas V meliputi perencanaan membuat modul ajar (komponen terdiri dari materi aksara jawa yaitu sistematika penulisan aksara jawa dan jenis aksara jawa, tujuan pembelajaran menuliskan aksara jawa, sumber buku cetak bahasa jawa kelas V, dan metode latihan dan metode tugas) pelaksanaan (kegiatan awal, inti dan penutup pembelajaran) dan evaluasi (jenis evaluasi menggunakan evaluasi formatif). (2) problematika belajar siswa menulis aksara jawa dalam pembelajaran bahasa jawa kesulitan menuliskan aksara jawa dengan tepat/ajeg (membedakan bentuk huruf), kesulitan menuliskan aksara jawa sesuai dengan pedoman penulisan (penggunaan sandhangan dan pasangan), kesulitan menuliskan aksara jawa dengan rapi dan cepat (keterampilan motorik halus). (3) Solusi belajar siswa menuliskan aksara jawa dalam pembelajaran bahasa jawa, mengatasi kesulitan menuliskan aksara jawa (latihan membedakan bentuk huruf), mengatasi kesulitan menuliskan aksara jawa sesuai dengan pedoman penulisan (melatih siswa mengubah tulisan latin ke aksara jawa dan sebaliknya, dengan fokus pada penerapan aturan penulisan), mengatasi kesulitan menuliskan aksara jawa dengan rapi dan cepat (pembiasaan menulis rutin, latihan motorik halus).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problematika belajar, menulis aksara jawa, bahasa jawa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2025 02:49 | ||||||||
Last Modified: | 29 Sep 2025 02:49 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13711 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |