Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal Siswa Kelas 4 MIS Kartika Kabupaten Pekalongan

Musayyanah, Musayyanah (2025) Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal Siswa Kelas 4 MIS Kartika Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321165_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (570kB)
[img] Text
2321165_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB)
[img] Text
20 LAMPIRAN(2).pdf

Download (194kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Musayyanah, 2025. “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal Siswa Kelas 4 MIS Kartika Kabupaten Pekalongan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Kata Kunci: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kearifan Lokal, Kurikulum Merdeka, Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Penerapan Kurikulum Merdeka menekankan penguatan karakter siswa melalui berbagai metode pembelajaran inovatif, salah satunya melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang tertera pada kurikulum merdeka merupakan suatu usaha untuk mengembangkan pendidikan karakter dengan tujuan menghasilakn individu yang berkualitas dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai pancasila melalui kegiatan budaya sekolah, kegiatan kelas, dan kegiatan di luar kelas. MIS Kartika Kabupaten Pekalongan merupakan sekolah penggerak yang telah melaksanakan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada tahun pertama pelaksanaan. Berbagai proyek dilaksanakan dengan menarik. Hal ini yang penyebab penelitian dilakukan. Penelitian ini mendiskusikan dua masalah yaitu : (1) bagaimana implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kearifan lokal siswa kelas 4 MIS Kartika Kabupaten Pekalongan. (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kearifan lokal siswa kelas 4 MIS Kartika Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi P5 dengan tema Kearifan Lokal dalam pembelajaran kelas IV di MIS Kartika Kabupaten Pekalongan, khususnya dalam praktik menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Penelitian ini menggunakan penelitian studi lapangan atau penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi P5 berjalan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap kearifan lokal melalui kegiatan langsung di lapangan. Proyek ini terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru menyusun modul ajar dan menyiapkan kebutuhan proyek. Pada tahap pelaksanaan, siswa diberikan pemahaman mengenai TOGA dan melakukan praktik menanam serta merawat tanaman. Evaluasi dilakukan melalui penilaian keterlibatan siswa dalam proyek. Faktor pendukung keberhasilan proyek ini meliputi kesiapan guru, dukungan sekolah, serta antusiasme siswa. Namun, terdapat kendala seperti minimnya pengetahuan awal siswa tentang TOGA serta kesulitan dalam merawat tanaman secara mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrabowo, Dimas SetiajiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kearifan Lokal, Kurikulum Merdeka, Tanaman Obat Keluarga (TOGA)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 03 Jul 2025 03:14
Last Modified: 03 Jul 2025 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13713

Actions (login required)

View Item View Item