Studi komparasi: prestasi belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual dan gaya belajar auditori pada mata pelajaran PAI & BP kelas vii SMP Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2019/2020

Anisah, Winda Mudhiatul (2020) Studi komparasi: prestasi belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual dan gaya belajar auditori pada mata pelajaran PAI & BP kelas vii SMP Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Prestasi atau hasil belajar merupakan satu hal yang tidak dapat dipisahkan dengan proses pembelajaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi adalah gaya belajar. Gaya belajar merupakan cara seorang individu dalam menerima dan mangolah informasi, sehingga setiap individu memiliki gaya belajar yang berbeda. Hal ini penting untuk diperhatikan, namun nyatanya banyak guru yang kurang memperhatikan gaya belajar siswa, akibatnya prestasi siswa menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, penulis mengambil masalah ini sebagai topik dalam penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai gaya belajar siswa, prestasi siswa, dan bagaimana perbedaan antara prestasi siswa gaya belajar visual dengan prestasi siswa gaya belajar auditori pada mata pelajaran PAI & BP Kelas VII SMP N 1 Kajen tahun pelajaran 2019/2020. Dengan demikian, penelitian ini akan memberikan pemahaman baik kepada guru maupun siswa untuk lebih memperhatikan gaya belajar sebagai salah satu faktor penting dalam mendongkrak prestasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif (perbandingan) dengan pendekatan kuantitatif. Penulis menggunakan instrument berupa angket gaya belajar serta data prestasi siswa pada mata pelajaran PAI & BP. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan analisis statistik uji t sampel independent untuk mencari ada atau tidaknya perbedaan antara kedua variabel. Hasil penelitian meperlihatkan bahwa dari 154 siswa yang dijadikan sampel, terdapat 88 siswa memiliki gaya belajar visual dan 66 siswa memiliki gaya belajar auditori. Prestasi PAI siswa berada pada kategori sedang, dimana siswa gaya belajar visual memiliki rata-rata nilai 80,07 dan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa gaya belajar auditori yang memiliki rata-rata nilai 69,5. Dari hasil uji t sampel independent, didapatkan nilai signifikansi (Sig. 2 Tailed) sebesar 0,000 dimana 0,000 < 0,05 dan didapatkan nilai t hitung sebesar 13,354 dengan df (derajat kebebasan) 152, dan t tabel adalah 1,960, dimana 13,354 > 1,960 sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara prestasi siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan prestasi siswa yang memiliki gaya belajar auditori pada mata pelajaran PAI & BP kelas VII SMP Negeri 01 Kajen Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIndrawati, TrianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: : Gaya Belajar, Prestasi PAI, Perbedaan Prestasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:05
Last Modified: 11 Jun 2021 03:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1372

Actions (login required)

View Item View Item