Peran teman sebaya terhadap pembentukan karakter religius dan student’s well-being di SMPN 2 Bojong Kabupaten Pekalongan

Atun, Lina Erli (2025) Peran teman sebaya terhadap pembentukan karakter religius dan student’s well-being di SMPN 2 Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121220_Cover, Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121220_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2121220_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Masa remaja merupakan periode penting dalam pembentukan karakter dan identitas diri. Karakter religius dan student’s well-being merupakan dua aspek penting dalam perkembangan remaja. Karakter religius berkaitan dengan nilai-nilai spiritual dan moral yang dianut remaja, sedangkan student’s well-being berkaitan dengan kesehatan mental, emosional, dan sosial remaja. Berdasarkan data dari kemendikbud terdapat 9,7 juta siswa SMP di Indonesia yang menegaskan bahwa Angka populasi remaja yang cukup besar, kelompok usia yang rentan terhadap berbagai permasalahan. Berdasarkan fakta tersebut penelitian ini mengkaji mengenai (1) Bagaimana peran teman sebaya terhadap pembentukan karakter religius di SMPN 2 Bojong Kabupaten Pekalongan?; (2) Bagaimana peran teman sebaya terhadap student’s well-being di SMPN 2 Bojong Kabupaten Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan peran teman sebaya terhadap pembentukan karakter religius di SMPN 2 Bojong Kabupaten Pekalongan; (2) Mendeskripsikan peran teman sebaya terhadap student’s well-being di SMPN 2 Bojong Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti langsung turun ke lapangan untuk mengamati fenomena yang terjadi. Peneliti mengamati Peran Teman Sebaya terhadap Pembentukan Karakter Religius dan Student’s Well-Being di SMPN 2 Bojong Kabupaten Pekalongan. Menggunakan teknik keabsahan data triangulasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu pengumpulan data (data collection), kondensasi data (data condensation), penyajian data (display data), kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembentukan karakter religius melalui peran teman sebaya tidak hanya bergantung pada kedekatan antar peserta didik, tetapi bagaimana cara guru melibatkan kedekatan itu melalui program-program yang ada di sekolah, baik melalui kegiatan di dalam proses pembelajaran maupun di luar proses pembelajaran. Peran-peran tersebut tidak lepas dari teman sebaya sebagai motivator, pengawas, penasihat, dan teladan. (2) Peran teman sebaya terhadap student’s well-being tercipta ketika adanya interaksi positif dengan teman sebaya. Peran tersebut diwujudkan dalam bentuk dukungan sosial emosional, sebagai pembentukan keterampilan sosial siswa, dan juga pengaruh akademik yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnggraeni, Dewi198908062020122008UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: peran teman sebaya, karakter religius, student’s well-being
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Sep 2025 04:03
Last Modified: 02 Sep 2025 04:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13738

Actions (login required)

View Item View Item