Narrating Students’ Feelings of Using Figurative Language in Creating Poem at Creative Writing Class

Fitriana, Ana (2025) Narrating Students’ Feelings of Using Figurative Language in Creating Poem at Creative Writing Class. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2521091_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2521091_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2521091_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan utama bagi mahasiswa bahasa Inggris, dan penulisan kreatif, termasuk puisi, merupakan aspek penting dari keterampilan ini. Bahasa kiasan memainkan peran penting dalam ekspresi puitis. Namun, penggunaan bahasa kiasan dalam penulisan puisi dapat menimbulkan berbagai emosi bagi mahasiswa yang menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami pengalaman emosional subjektif mahasiswa dalam kelas penulisan kreatif yang menggunakan bahasa kiasan di sebuah universitas di Pekalongan. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan metodologi penyelidikan naratif. Peneliti menggunakan wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi untuk mengumpulkan data bersama enam mahasiswa.. Data dianalisis menggunakan Model Circumplex Afek James Russell (1980), yang memetakan pengalaman emosional berdasarkan dimensi valensi (menyenangkan–tidak menyenangkan) dan arousal (aktivasi–deaktivasi). Peserta studi ini adalah mahasiswa jurusan Bahasa Inggris yang telah menciptakan puisi menggunakan bahasa kiasan dalam kelas penulisan kreatif. Hasil studi menunjukkan beberapa perasaan positif yang dirasakan oleh mahasiswa, seperti kegembiraan, kebahagiaan, minat, kebanggaan, dan kepuasan, serta perasaan negatif termasuk kecemasan, frustrasi, dan kebosanan. Studi ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih dalam tentang pengalaman emosional mahasiswa dalam kelas penulisan kreatif dan memberikan wawasan berharga untuk meningkatkan metode pengajaran dan pengembangan kurikulum di departemen Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAli, FachriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kelas menulis kreatif; Puisi; Bahasa Figuratif; Perasaan siswa
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Jul 2025 08:40
Last Modified: 04 Jul 2025 08:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13765

Actions (login required)

View Item View Item