Exploring Students’ Experiences on Using Peer Review in Writing Short Story At Creative Writing Course

Ariyani, Alma (2025) Exploring Students’ Experiences on Using Peer Review in Writing Short Story At Creative Writing Course. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
2521093_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2521093_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2521093_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Penulisan kreatif mengajak siswa untuk mengeksplorasi imajinasi, suara pribadi, dan keterampilan naratif, terutama dalam penulisan cerita pendek yang membutuhkan ketepatan dalam alur, karakter, dan tema. Meskipun peer review umumnya digunakan untuk mendorong kolaborasi dan revisi, perannya dalam mendukung pengalaman belajar siswa dalam konteks kreatif dan ekspresif masih kurang dieksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana siswa mengalami penggunaan peer review dalam menulis cerita pendek dalam kursus penulisan kreatif. Metode yang digunakan oleh peneliti ini adalah desain penyelidikan naratif kualitatif. Peneliti menggunakan dokumentasi dan wawancara semi-terstruktur dengan empat mahasiswa pendidikan bahasa Inggris yang telah terlibat dalam peer review untuk mengumpulkan data. Analisis tematik dilakukan dengan menggunakan kerangka kerja Braun dan Clarke (2006), dengan interpretasi yang dipandu oleh teori Dewey (1938) tentang pengalaman edukatif dan mis-edukatif. Hasilnya menunjukkan bahwa baik sebagai pemberi maupun penerima umpan balik, siswa memiliki pengalaman edukatif dan pengalaman mis-edukatif saat menggunakan peer review dalam menulis cerita pendek. Penelitian ini menawarkan wawasan yang mungkin bermanfaat bagi siswa dan pendidik yang ingin meningkatkan efektivitas peer review dalam instruksi menulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRokhuma, Chubbi MillatinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peer review, penulisan kreatif, pengalaman siswa, cerita pendek, umpan balik
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Jul 2025 08:34
Last Modified: 04 Jul 2025 08:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13766

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item