Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe modeling the way terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi pokok haji kelas x di MA Salafiyah Simbang Kulon Kabupaten Pekalongan

Firdausa, Zahrotul (2020) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe modeling the way terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi pokok haji kelas x di MA Salafiyah Simbang Kulon Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Hasil belajar merupakan kompetensi yang diraih siswa dalam merubah perilaku afektif, kognitif, dan psikomotorik setelah mengikuti kegiatan belajar. Namun, keberhasilan belajar itu tergantung dari perencanaan guru dalam memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi pokok bahasan. Materi haji termasuk materi yang sulit untuk dipahami jika tidak disertai dengan praktik karena banyaknya istilah-istilah haji. Strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi pokok haji yaitu strategi pembelajaran aktif tipe modeling the way (membuat contoh praktik). Strategi ini menekankan siswa untuk mendemonstrasikan ketrampilan di kelas tentang materi yang telah diajarkan oleh guru. Dalam penelitian ini penulis mengajukan permasalahan yaitu bagaimana penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe modeling the way, bagaimana hasil belajar fikih materi pokok haji siswa kelas X yang menggunakan dan yang tidak menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe modeling the way, dan bagaimana pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe modeling the way terhadap hasil belajar fikih materi pokok haji siswa kelas X di MA Salafiyah Simbang Kulon Kabupaten Pekalongan. Kegunaan penelitian ini yaitu sebagai sumber wawasan tentang strategi pembelajaran aktif yang menyenangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalaui strategi modeling the way. Penelitain ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desainnon equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri variabel bebas yaitu penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe modeling the way dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas X di MA Salafiyah Simbang Kulon Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 356 siswa, dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik samplingpurposive, serta yang menjadi sampel ada 46 siswa. Metode tes, observasi, dan dokumentasi untuk pengambilan data. Instrumen hasil belajar siswa menggunakan pretest dan posttest yang berbentuk tes objektif. Analisis datanya menggunakan uji t yang perhitungannya menggunakan program aplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe modeling the way pada materi haji kelas X tergolong cukup baik kegiatan guru dan siswanya, hasil belajar pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 51,74 dan posttest sebesar 78,04, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 51,30 dan posttest sebesar 70,00. Hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan uji independent sample t-test darihasil belajar posttest memperoleh t hitung = 2,117 > t tabel = 2,015 dan nilai signifikansi sebesar 0,040 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe modeling the way memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi pokok haji kelas X Di MA Salafiyah Simbang Kulon Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: : Strategi Pembelajaran Aktif, Modeling The Way, Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:05
Last Modified: 11 Jun 2021 03:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1377

Actions (login required)

View Item View Item