Ariyanto, Fina Nada Khayatina (2025) Teachers’ Practices and Challenges In Enacting Think-Pair-Share To Manage Students’ Participation. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2521088_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2521088_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2521088_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) |
Abstract
Rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris seringkali diperburuk oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang masih dominan di kelas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi metode Think-Pair-Share (TPS) dalam mengelola partisipasi siswa dan mengidentifikasi tantangan penerapannya pada pembelajaran bahasa Inggris di SMP. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus di sebuah SMP di Pekalongan. Partisipan terdiri dari tiga guru bahasa Inggris yang dipilih berdasarkan kriteria pengalaman mengajar dan penerapan TPS. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan observasi kelas, kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan guru mengimplementasikan TPS melalui tiga tahap dengan adaptasi sesuai karakteristik siswa. TPS terbukti dapat mengelola empat dimensi partisipasi siswa: verbal, nonverbal, persiapan, dan kontribusi. Tantangan yang dihadapi meliputi tiga dimensi: linguistik-kognitif (keterbatasan kosakata, struktur kalimat), sosial budaya (dinamika teman sebaya, rasa malu), serta institusional-manajerial (keterbatasan waktu, ukuran kelas). Penelitian ini berkontribusi memberikan gambaran detail praktik guru dalam mengimplementasikan TPS untuk mengelola partisipasi siswa serta mengidentifikasi tantangan spesifik dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris di SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Think-Pair-Share, partisipasi siswa, pembelajaran bahasa Inggris | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2025 08:37 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2025 08:37 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13772 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |