The Use of Canva As a Tool to Create English Learning Media: EFL Students’ Perception

Rizanah, Ilma (2025) The Use of Canva As a Tool to Create English Learning Media: EFL Students’ Perception. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2521044 _Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2521044 _Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2521044 _Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris telah mengalami peningkatan signifikan, termasuk penggunaan Canva sebagai alat bantu desain grafis untuk menciptakan media pembelajaran. Meskipun demikian, masih sedikit penelitian yang secara khusus mengkaji bagaimana persepsi mahasiswa EFL terhadap Canva, terutama dalam konteks pembuatan media belajar. Penelitian ini penting karena dapat memberikan wawasan tentang sejauh mana Canva mampu mendukung motivasi, keterlibatan, dan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam dengan tiga mahasiswa semester enam dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap Canva karena antarmuka yang ramah pengguna, fitur visual yang menarik, dan kebebasan dalam memilih desain yang sesuai dengan preferensi pribadi mereka. Disisi lain, ditemukan pula tantangan seperti keterbatasan fitur dalam versi gratis, koneksi internet yang tidak stabil, serta kurangnya bimbingan dari dosen. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun Canva memiliki potensi untuk meningkatkan keterlibatan dan kreativitas belajar, dukungan institusional seperti pelatihan dan akses premium sangat dibutuhkan agar penggunaannya lebih optimal.Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan integrasi Canva yang lebih strategis dalam kurikulum pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPuspitasari, DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Canva, media pembelajaran Bahasa Inggris, persepsi mahasiswa, EFL, teknologi pendidikan.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Jul 2025 08:30
Last Modified: 04 Jul 2025 08:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13773

Actions (login required)

View Item View Item