Tsania, Nabila Attar (2025) Students’ Difficulties and Strategies in Understanding Idioms When Speaking English: A Case Study. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2521074_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2521074_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2521074_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
Abstract
Pemahaman terhadap idiom menjadi tantangan besar bagi pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL), terutama dalam konteks berbicara yang membutuhkan pemrosesan makna secara spontan. Idiom memiliki makna figuratif dan sering kali terikat budaya, sehingga sulit dipahami secara harfiah, sebagaimana dinyatakan oleh Fernando (1996). Berdasarkan teori Abel (2003) mengenai kesulitan kognitif dan Cooper (1999) tentang strategi pembelajaran idiom, penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan utama: (1) Kesulitan apa saja yang dihadapi mahasiswa dalam memahami idiom saat berbicara bahasa Inggris? dan (2) Bagaimana strategi yang digunakan mahasiswa untuk mengatasi kesulitan tersebut? Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam kesulitan dan strategi mahasiswa dalam memahami idiom ketika berbicara dalam bahasa Inggris. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan empat mahasiswa (dua laki-laki dan dua perempuan) dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu universitas di Pekalongan. Partisipan dipilih secara purposif berdasarkan hasil observasi sebelumnya dalam kegiatan Speaking Club. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman (1994) yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menghadapi empat jenis kesulitan utama: (1) kesulitan dalam mengakses makna idiom secara otomatis, (2) ketidaktepatan dalam menafsirkan idiom yang tidak dapat diuraikan, (3) kesulitan dalam menghubungkan idiom dengan representasi konseptual, dan (4) ketidakpastian dalam konteks penggunaan yang tepat. Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut, mereka menerapkan beberapa strategi, yaitu: (1) menebak makna idiom dari konteks, (2) menggunakan makna harfiah idiom, (3) menggunakan latar belakang pengetahuan, dan (4) mengacu pada idiom dalam bahasa pertama. Temuan ini memberikan implikasi penting dalam pengajaran bahasa Inggris, terutama dalam merancang pembelajaran idiom yang kontekstual dan komunikatif untuk meningkatkan kompetensi pragmatik siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | idiom, berbicara, kesulitan mahasiswa, strategi pemahaman, pembelajaran EFL | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2025 08:36 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2025 08:36 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |