Sefiana, Eva (2025) Implementasi Strategi Active Learning Dalam Membina Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Mata Pelajaran PAI DI SMP Takhassus Al-Qur’an Al-Huda Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121149_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121149_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2121149_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Komunikasi dalam mata pelajaran PAI sangat penting guna menghindari kepasifan siswa dalam proses pembelajaran yang hanya menyimak dan mendengarkan guru saja yang tentu saja materinya bisa hilang dan tidak tersimpan di otak, untuk itu dalam mata pelajaran agama Islam dibutuhkan komunikasi seperti mengemukakan pendapat tentang materi agama Islam dan juga menyampaikan informasi yang didapat dari hasil membaca materi yang sudah dipelajari sehingga dengan adanya strategi active learning dengan tujuan meningkatkan komunikasi siswa. Strategi active learning adalah strategi pembelajaran yang proses belajar mengajarnya berpusat pada siswa, bukan pendidik. Strategi active learning yang dapat digunakan untuk membina keterampilan komunikasi yaitu everyone is a teacher, point counterpoint, listening team, the power of two, true or false. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi active learning dalam membina keterampilan komunikasi pada mata pelajaran PAI di SMP Takhassus Al-Qur'an Al-Huda Batang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran komprehensif tentang peran guru PAI dalam membina keterampilan komunikasi melalui strategi active learning. Untuk menjelaskan keterampilan komunikasi siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Takhassus Al-Qur’an Al-Huda Batang. Untuk menjelaskan implementasi strategi active learning dalam membina keterampilan siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Takhassus Al-Qur’an Al-Huda Batang. Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat guru dalam membina keterampilan komunikasi siswa melalui strategi pembelajaran active learning di SMP Takhassus Al-Huda Batang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan utama penelitian ini melibatkan guru PAI dan siswa. Teknik analisis data dengan tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sumber data primer penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi active learning yang telah diterapkan seperti everyone is a teacher, listening team, point counterpoint, true or false, the power of two dapat digunakan untuk membina keterampilan komunikasi siswa dengan komunikasi verbal, komunikasi non verbal, komunikasi satu arah maupun komunikasi dua arah sehingga siswa berparsitipasi aktif, mampu berinteraksi dan berdiskusi dengan temannya dan berani berbicara di depan umum. Namun, yang menjadi penghambat yaitu rendahnya literasi siswa dan sikap kurang percaya dirinya. Hal tersebut bisa diatasi guru PAI dengan membina keterampilan komunikasi siswanya melalui strategi active learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Active Learning, Keterampilan Komunikasi, Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2025 06:52 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2025 06:52 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13791 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |