Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs Teladan Al-Amiriyah Kambangan Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal

Zulfa, Ishmatul (2025) Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs Teladan Al-Amiriyah Kambangan Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121059_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2121059_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2121059_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pendekatan Saintifik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Teladan Al-Amiriyah, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, serta untuk mengevaluasi hasil dari penerapan pendekatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, siswa, dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik mampu meningkatkan minat dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Siswa terlibat dalam berbagai tahapan pembelajaran, mulai dari mengamati, menanya, mencari informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan hasil belajar. Penerapan pendekatan ini mendorong pengembangan berpikir kritis, rasa ingin tahu, serta kemampuan siswa dalam mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Namun, dalam pelaksanaannya, pendekatan saintifik di MTs Teladan Al-Amiriyah belum berjalan secara optimal. Masih ditemukan kendala seperti kurangnya kedisiplinan siswa serta inkonsistensi guru dalam menyampaikan materi sesuai tahapan saintifik. Oleh karena itu, keberhasilan implementasi pendekatan ini sangat bergantung pada peran aktif dan kesungguhan guru dalam merancang, membimbing, dan mengevaluasi proses pembelajaran agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRiandita, LilikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Saintifik, Al-Qur’an Hadits, Pembelajaran aktif, Pendidikan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:57
Last Modified: 01 Jul 2025 02:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13798

Actions (login required)

View Item View Item