Zulfiani, Rizqi (2025) Dampak Keberadaan Minimarket Franchise Terhadap Pendapatan Warung Kelontong Di Desa Sidorejo Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang Dalam Perseptif Ekonomi Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4118174_Cover_bab I dan Bab V.pdf Download (952kB) |
![]() |
Text
4118174_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
4118174_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) |
Abstract
RIZQI ZULFIANI. Dampak Keberadaan Minimarket Franchise Terhadap Pendapatan Warung Kelontong di Desa Sidorejo Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang dalam Perseptif Ekonomi Islam. Pertumbuhan Minimarket di Kabupaten Pemalang yang cukup besar dan tidak menutup kemungkinan akan semakin lama berdampak negatif bagi pedagang toko kelontong. Pertumbuhan Minimarket di Desa Sidorejo Kecamatan Comal, terbilang cukup pesat, dan merupakan bentuk kemajuan perekonomian Indonesia secara Makro. Terkait dengan preferensi masyarakat yang memiliki kemungkinan cenderung beralih belanja di Minimarket dan lokasi antara toko-toko Pedagang usaha kecil dengan lokasi Minimarket dalam satu tempat juga sangat mempengaruhi preferensi masyarakat dalam menentukan tempat berbelanja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada awal kemunculan minimarket, banyak warung kelontong mengalami penurunan pendapatan serta berkurangnya jumlah pelanggan. Menurut tinjauan Ekonomi Islam dampak minimarket Alfamart dan Indomaret terhadap pendapatan penjualan dan jumlah pembeli, usaha warung kelontong tidak sesuai dengan persaingan bisnis syariah karena sebaran minimarket Alfamart di Desa Sidorejo Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang sangat dekat. Strategi yang diterapkan warung kelontong untuk mempertahankan usahanya antara lain adalah menawarkan harga yang kompetitif, jam operasional yang fleksibel, pelayanan yang cepat dan ramah, serta menjalin kedekatan secara personal dengan pelanggan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Minimarket, warung kelontong, dampak, strategi, Ekonomi Islam. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2025 03:19 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jun 2025 03:19 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |