Studi Komparasi Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Berlatar Belakang Pesantren dan“Non Pesantren di kelas IX MTs Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan.

Vinorilla, Zulfatul (2025) Studi Komparasi Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Berlatar Belakang Pesantren dan“Non Pesantren di kelas IX MTs Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221001_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2221001_Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2221001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang memiliki perbedaan yang relevan antara“hasil belajar bahasa Arab siswa“pesantren“dan“non pesantren“di MTs“Ma’arif Karangnyar hal ini terjadi siswa yang memiliki latar belakang pesantren memiliki jam tambahan untuk mempelajari bahas Arab. Oleh sebab itu munculnya masalah terkait hasil belajar bahasa Arab yang berbeda.Peneliti ingin mengukur sejauh mana latar belakang pesantren berpengaruh terhadap hasil belajar Bahsa Arab. Rumusan masalah yang dibahas oleh peneliti yaitu, 1) Bagaimana Hasil belajar Bahasa Arab siswa berlatar belakang pesantren di kelas IX MTs Ma’arif Karanganyar 2) Bagaimana hasil belajar bahasa Arab siswa berlatar belakang non pesantren di kelas IX MTs Ma’arif Karanganayar 3) Apakah ada komparasi hasil belajar bahasa Arab siswa berlatar belakang pesantren dan non pesantren di kelas IX MTs Ma’arif Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian komparatif. Variabel independen (X) dalam penelitian ini siswa pesantrean dan non pesantrean dan variabel depenen (Y) hasil belajar bahasa Arab .Teknik pengambilan data berupa tes, dokumentasi. Adapun Teknik analisis data uji instrumen, uji validitas dan homogenitas . uji prasyarat penelitian ini uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogeitas, serta uji hipotesis uji independent sampel t tes dengan bantuan software SPSS 25 Hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa berlatar belakang pesatren dan non pesantren. (1) Hasil belajar bahasa arab pesantren memperoleh nilai tes hasil variabel X paling tinggi 100, paling rendah 70, dan nilai rata- rata 84,40. Nilai variabel Y ulangan harian paling tinggi 99, paling rendah 72 dengan rata-arat 84,12.(2) hasil belajar bahsa arab siswa non pesantren mendapatkan nilai tes 80, paling rendah 40 dengan nilai rata- rata 61,73 dan nilai ulangan harian non pesantren memperoleh nilai palaing tinggi 89, nilai paling rendah 67 dan nilai rata-rata 75.81.(3) diperoleh nilai tes pesantren dan non pesantren nilai signifikansi 0,00 < 0,005 maka H_0 di tolak dan H_a diterima terdapat perbedaan. Hasil nilai ulangan harian siswa pesantren dan non pesantren mendapat nilai signifikansi sebesar 0,03 < 0,05 maka H_0 di tolak dan H_a diterima terdapat perbedaan, selain itu berasarkan nilai t_tabel diperoleh t_hitung sebesar 6,017 > 1,676 maka H_0 di tolak dan H_a diterima terdapat perbedaan. Nilai ulangan harian siswa pesantren dan non psantren berdasarkan nilai t_tabel diperoleh t_hitung sebesar 3,114> 1,676 maka H_0 di tolak dan H_a diterima terdapat perbedaan sehingga dapat di simpulkan terdapat perbedaan hasil belajar bahasa Arab siswa yang berlatar belakang pesantren dan non pesantren di kelas IX MTs Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFathuddin, Ahmad Ubaedi197009112001121003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Bahasa Arab, Pesantren, Non Pesantren
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:29
Last Modified: 02 Jul 2025 07:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13887

Actions (login required)

View Item View Item