Pengaruh Persepsi dan Promosi Terhadap Keputusan Non Muslim Menjadi Nasabah Perbankan Syariah di Kota Medan

Nuraini, Raihani Alin (2025) Pengaruh Persepsi dan Promosi Terhadap Keputusan Non Muslim Menjadi Nasabah Perbankan Syariah di Kota Medan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4220112_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4220112_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4220112_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap layanan perbankan yang etis dan berkelanjutan, bank syariah telah menarik perhatian non-Muslim sebagai calon nasabah. Persepsi terhadap produk dan layanan syariah serta efektivitas strategi promosi yang dilakukan oleh bank syariah diidentifikasi sebagai dua faktor kunci yang dapat mempengaruhi keputusan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi dan promosi terhadap keputusan non-Muslim menjadi nasabah perbankan syariah di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data yang disebarkan kepada 100 responden non-Muslim yang memiliki pengalaman dengan bank syariah. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan metode regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 29 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan non-Muslim menjadi nasabah perbankan syariah di Kota Medan. Promosi juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan non muslim menjadi nasabah perbankan syariah di Kota Medan. Kemudian secara simultan, persepsi dan promosi berpengaruh terhadap keputusan non muslim menjadi nasabah perbankan syariah di Kota Medan. Kata Kunci : Persepsi, Promosi, Keputusan Nasabah, Perbankan Syariah, Non-Muslim

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRusyida, Wilda YuliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Promosi, Keputusan Nasabah, Perbankan Syariah, Non-Muslim
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Pascasarjana > Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:34
Last Modified: 16 Jul 2025 04:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13889

Actions (login required)

View Item View Item