Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Islam di kelas 4 SD Muhammadiyah 01 Pencongan Wiradesa

Azizah, Risqiyatul (2020) Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Islam di kelas 4 SD Muhammadiyah 01 Pencongan Wiradesa. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Strategi pembelajaran adalah urutan kegiatan yang sistematik, pola-pola umum kegiatan guru yang mencakup tentang urutan kegiatan pembelajaran dalam rangka untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Hal ini mencakup tentang urutan kegiatan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan waktu yang digunakan oleh guru dalam menyelesaikan setiap langkah kegiatan pembelajaran. Guru Al-Islam SD Muhammadiyah 01 Pencongan Wiradesa memiliki strategi yang unik dalam mengajar, yaitu selalu menciptakan suasana yang menyenangkan, dengan menyelipkan kalimat-kalimat humor ketika menyampaikan pelajaran, sehingga dapat menciptakan kedekatan antara guru dan murid. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam di kelas 4 SD Muhammadiyah Pencongan wiradesa?, dan (2) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam di kelas 4 SD Muhammadiyah Pencongan Wiradesa?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru, faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam dikelas 4. Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai kajian ilmu pengetahuan tentang strategi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam dikelas 4 SD Muhammadiyah 01 Pencongan Wiradesa adalah guru menjelaskan tujuan belajar pelajaran Al-Islam kepada peserta didik, guru memberikan hadiah, memunculkan saingan atau ajakan untuk berkompetisi, memberikan pujian, memberikan hukuman atau punishment, dan menggunakan metode yang bervariasi ketika mengajar. Adapun faktor penghambat dan pendukung adalah belum adanya semangat atau motivasi belajar Al-Islam yang dibangun oleh peserta didik serta tuntutan agar peserta didik hafal doa-doa dan gerakan sholat jenazah.Tetapi guru memiliki strategi tersendiri, yaitu mengajak peserta didik untuk belajar diluar kelas, agar mereka tidak bosan belajar didalam kelas saja, serta menerapkan strategi-strategi motivasi yang sudah dijelaskan pada bab sebelumnya, tentunya dengan pengawasan dari guru Al-Islam kelas 4.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: strategi guru, motivasi belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 07 Jun 2021 04:31
Last Modified: 07 Jun 2021 04:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1389

Actions (login required)

View Item View Item