Pengembangan Media Arabic Scrabble Dalam Pembelajaran Mufradāt Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Smp Sains Cahaya Al-Qur’an Buaran Kota Pekalongan”

Arnita Fazia, Arnita (2025) Pengembangan Media Arabic Scrabble Dalam Pembelajaran Mufradāt Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Smp Sains Cahaya Al-Qur’an Buaran Kota Pekalongan”. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221078_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2221078_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2221078_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Fazia, Arnita. 2221078, 2025. Pengembangan Media Arabic Scrabble dalam Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Buaran Kota Pekalongan. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Moh. Nurul Huda, M.Pd.I. Kata Kunci: Media pembelajaran, Arabic scrabble, pembelajaran mufradat Penelitian ini didasari oleh minimnya penguasaan mufradat peserta didik serta metode pembelajaran bahasa Arab yang monoton. Selain itu, tidak adanya penggunaan media pembelajaran interaktif seperti media berbasis permainan, pendidik justru masih menggunakan media berbasis papan tulis, spidol dan LCD proyektor. Walaupun LCD proyektor dapat menyajikan audio visual, namun pembelajaran masih bersifat satu arah tanpa keterlibatan peran aktif siswa sehingga membuat peserta didik cepat merasa jenuh dan bosan yang pada akhirnya akan berdampak kepada pembelajaran yang tidak efektif. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran yang berbasis permainan yaitu media Arabic Scrabble dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Buaran Kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini yaitu: pertama, untuk mendeskripsikan pengembangan media Arabic scrabble dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Buaran Kota Pekalongan. Kedua, untuk mengetahui kelayakan media Arabic scrabble dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Buaran Kota Pekalongan. Ketiga, untuk menguji keefektifan media Arabic scrabble dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Buaran Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (research and development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu: pertama, pengembangan media Arabic scrabble sudah lebih dari cukup dan baik. namun perlu adanya beberapa revisi berdasarkan komentar dan saran dari tim validator ahli media dan ahli materi. Kedua, hasil kelayakan media Arabic scrabble dengan validasi ahli media mendapat skor 91,6% dengan kategori sangat layak, sedangkan validasi ahli materi mendapat skor 92,5% dengan kategori sangat layak. Ketiga, hasil keefektifan media Arabic scrabble di kelas VIII SMP Sains Cahaya Al-Qur’an dengan uji N-gain menunjukkan rata-rata skor gain 0,93 dengan nilai rata-rata sebesar 97 yang menunjukkan nilai keefektifan tinggi. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat keefektifan pada media Arabic scrabble dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Sains Cahaya Al-Qur’an Buaran Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMoh. Nurul Huda, M.Pd.I, Bp. Huda198711022023211018-
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Arabic scrabble, pembelajaran mufradat
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 03 Jul 2025 03:30
Last Modified: 03 Jul 2025 03:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13894

Actions (login required)

View Item View Item