Pengaruh tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa di SMPN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

UNSPECIFIED (2020) Pengaruh tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa di SMPN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (47MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Tata tertib sekolah merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Kedisiplinan siswa di sekolah apabila dikembangkan dan diterapkan dengan baik, konsisten dan konsekuen, akan berdampak positif bagi kehidupan dan perilaku siswa. Disiplin dapat mendorong mereka belajar secara konkret dalam praktik hidup di sekolah tentang hal – hal positif, melakukan hal – hal yang lurus dan benar, dan menjauhi hal – hal yang negatif. Berdasarkan uraian tersebut peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana pola pelanggaran disiplin siswa di SMPN 1 Kedungwuni?. (2) Bagaimana tingkat kedisiplinan siswa di SMPN 1 Kedungwuni?. (3) Apakah ada pengaruh tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa di SMPN 1 Kedungwuni?. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun variabel independennya adalah tata tertib sekolah, variabel dependennya adalah kedisiplinan siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 77 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan metode angket, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dengan menggunakan rumus analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian ini, tingkat pelanggaran tata tertib sekolah di SMPN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan masuk dalam kategori rendah, dengan rata-rata nilai sebesar 3,2, nilai tersebut terletak pada interval 0 - 3,4, dengan frekuensi absolut 44, dan berada pada presentase 0% - 21,3%. Tingkat kedisiplinan siswa di SMPN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan masuk dalam kategori sedang, dengan rata-rata nilai sebesar 57,23, nilai tersebut terletak pada interval 50,4 – 57,7, dengan frekuensi absolut 33 dan berada pada presentase 76,% - 87,4%. Pelanggaran tata tertib sekolah mempunyai pengaruh terhadap kedisiplinan siswa di SMPN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, dibuktikan dari uji hipotesis menggunakan rumus analisis regresi linier sederhana dengan hasil perhitungan diperoleh nilai Y = 58,394 + (-0,368)X. Dari pengujian hipotesis didapatkan hasil ttest = -0,368. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ttest > ttabel, baik pada taraf signifikansi 5% (1,665= -1,665), maupun 1% (2,377= -2,377). Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa di SMPN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkhamidi, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: tata tertib sekolah, kedisiplinan siswa, SMPN 1 Kedungwuni.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:05
Last Modified: 11 Jun 2021 03:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1390

Actions (login required)

View Item View Item