Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Maharah Istima` Ppt Melalui Aplikasi Canva Pada Mahasiswa Microteaching Pba Angkatan 2022 Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Ja'ad, Muhammad Fajrul Hasan (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Maharah Istima` Ppt Melalui Aplikasi Canva Pada Mahasiswa Microteaching Pba Angkatan 2022 Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221094_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2221094_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2221094_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang memacunya pemahaman mahasiswa microteaching PBA angkatan 2020 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan terhadap materi bahasa Arab maharah istima` yang mana hal tersebut dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang masih menggunakan media gambar. Selain itu, penggunaan metode yang monoton dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, yang dapat menunjang proses pembelajaran. Dari kurangnya penggunaan media pembelajaran tersebut menimbulkan kejenuhan pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis audio visual pada maharah istima`, mengetahui Tingkat kevalidan media pembelajaran berbasis audio visual pada mapel bahasa Arab maharah istima`, materi al-adawaatul madrasiyyah pada Mahasiswa Microteaching angkatan 2020 UIN K.H. Abdurrahman wahid Pekalongan. Peneliti menggunakan pendekatan RnD (Research and Development) dengan model ADDIE yaitu memiliki lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa kelas B yang berjumlah 33 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara terbuka, angket penilaian ahli, angket penilaian respon peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kevalidan media pembelajaran berbasis audio visual pada mapel bahasa Arab maharah istima` yaitu, hasil dari validasi ahli materi mendapatkan 92% dengan kategori sangat valid, hasil uji kevalidan ahli media mendapatkan 70% dengan kategori valid, dan hasil uji kevalidan dari respon peserta didik mendapatkan 95% dengan kategori sangat valid, maka bisa disimpulkan media layak untuk digunakan. Dari hasil angket respon peserta didik dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis audio visual pada mapel bahasa Arab maharah istima` dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFathuddin, M.A., Dr. Ahmad Ubaedi197009112001121003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, Maharah Istima`, Aplikasi Canva, Mahasiswa Microteaching
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 03 Jul 2025 03:31
Last Modified: 03 Jul 2025 03:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13903

Actions (login required)

View Item View Item