Implementasi Penanaman Akhlak Santri Melalui Pembelajaran Kitab Washiyatul Musthafa Di Pondok Pesantren Ittihadus Syafi’iyah Desa Rowolaku Kecamatan Kajen Kebupaten Pekalongan

Umam, Khaerun (2025) Implementasi Penanaman Akhlak Santri Melalui Pembelajaran Kitab Washiyatul Musthafa Di Pondok Pesantren Ittihadus Syafi’iyah Desa Rowolaku Kecamatan Kajen Kebupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121270_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121270_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Fenomena dekadensi moral yang terjadi di kalangan generasi muda, terutama generasi Z dan Alpha, menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan. Meningkatnya kasus kekerasan, perilaku tidak sopan, dan lemahnya kesadaran beragama merupakan dampak dari lemahnya pendidikan karakter serta pengaruh negatif media sosial. Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional memegang peran strategis dalam membina akhlak santri. Salah satu pesantren yang konsisten dalam membentuk akhlak santri adalah Pondok Pesantren Ittihadus Syafi’iyah Desa Rowolaku, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan yang menggunakan Kitab Washiyatul Musthafa sebagai media penanaman nilai-nilai akhlakul karimah. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup bagaimana implementasi penanaman akhlak santri melalui pembelajaran Kitab Washiyatul Musthafa, dan bagaimana gambaran perkembangan akhlak santri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran kitab sebagai media penanaman akhlak, dan menjelaskan bagaimana perubahan sikap santri di Pondok Pesantren Ittihadus Syafi’iyah Desa Rowolaku, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian terdiri dari pengasuh, ustadz, pengurus, dan santri Pondok Pesantren Ittihadus Syafi’iyah. Data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan teknik triangulasi sebagai upaya keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kitab Washiyatul Musthafa dalam penanaman akhlak santri berjalan secara efektif melalui metode pembiasaan, nasehat, pengawasan, dan keteladanan. Faktor pendukung keberhasilan meliputi lingkungan pesantren yang religius, peran aktif pengasuh, dan dukungan keluarga. Sementara itu, hambatan utama berasal dari kurangnya kedisiplinan sebagian santri dan pengaruh media sosial. Kesimpulannya, pembelajaran kitab ini mampu membentuk akhlak santri secara signifikan, menciptakan perubahan perilaku ke arah yang lebih baik, dan dapat dijadikan model pendidikan akhlak di lembaga lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, RahmatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penanaman Akhlak, Santri, Kitab Washiyatul Musthafa, Pondok Pesantren Ittihadus Syafi’iyah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Jul 2025 08:21
Last Modified: 04 Jul 2025 08:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13909

Actions (login required)

View Item View Item