Kholidah, Siti Nur (2020) Implementasi Metode Drill dalam Hafalan Juz’amma pada kelas VI di MI Nurul Hikmah Krandon Margadana Kota Tegal. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan sangatlah penting untuk generasi muda kedepannya. Dengan adanya pendidikan, anak-anak akan lebih bermanfaat lagi hidupannya seperti mereka lebih banyak mendapatkan pengetahuan, untuk melaksanakan pembelajaran atau kegiatan pastinya ada yang menggunakan suatu metode. Metode diartikan sebagai suatu cara yang dipakai untuk mencapai tujuan tertentu. Pada kenyataannya, anak-anak tidaklah mudah dalam menghafal suatu pelajaran. Dari permasalahan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode drill dalam hafalan Juz’Amma pada kelas VI di MI Nurul Hikmah Krandon, Margadana Kota Tegal? Serta apa saja faktor pendukung dan penghambat pada implementasi metode drill dalam hafalan Juz’Amma pada kelas VI di MI Nurul Hikmah Krandon, Margadana Kota Tegal?. Kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode drill dalam hafalan Juz’Amma pada kelas VI di MI Nurul Hikmah Krandon, Margadana Kota Tegal, serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pada implementasi metode drill dalam hafalan Juz’Amma pada kelas VI di MI Nurul Hikmah Krandon, Margadana Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil tempat di MI Nurul Hikmah Krandon Margadana Kota Tegal. sumber data primer dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, wali kelas VI MI Nurul Hikmah Krandon, Margadana Kota Tegal. dan siswa kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Metode Drill dalam kegiatan hafalan juz’amma dilaksanakan setiap hari tepatnya kurang lebih satu jam sebelum pembelajaran. Proses dalam kegiatan hafalan juz’amma menggunakan metode drill. Faktor pendukung metode drill dalam hafalan Juz’ amma pada kelas VI di MI Nurul Hikmah Krandon Margadana Kota Tegal yaitu tersedianya media pembelajaran, waktu tambahan, dilaksanakanya suatu program sekolah yaitu pembacaan Juz’amma di pagi hari, sarana prasana, adanya sekolah taman pendidikan Alqur’an. Faktor penghambatnya yaitu : adanya peserta didik yang tidak lancar membaca Al-Qur’an, daya ingat yang lemah, dan lemahnya pengaplikasian peserta didik mengenai ilmu tajwid dalam penghafalan Juz’amma.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Drill, Hafalan Juz’Amma, kelas VI | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 07 Jun 2021 07:05 | ||||||||
Last Modified: | 07 Jun 2021 07:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1392 |
Actions (login required)
View Item |