Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas 1 MI Ma’arif NU Terpadu Rowosari Ulujami Pemalang

Sofiati, Atika Nur Ma’rifah (2025) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas 1 MI Ma’arif NU Terpadu Rowosari Ulujami Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321131_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2321131_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Keterampilan membaca sangat penting dalam era informasi, namun masih menjadi tantangan bagi peserta didik, terutama di kelas awal sekolah dasar. Banyak siswa kelas 1 di MI Ma’arif NU Terpadu Rowosari Ulujami Pemalang mengalami kesulitan mengenali huruf, membaca lancar, dan memahami bacaan. Untuk mengatasi hal ini, guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan membaca mereka. Pendekatan ini dinamis dan fleksibel, disesuaikan dengan gaya belajar dan kebutuhan siswa, sehingga mampu meningkatkan minat dan hasil belajar. Rumusan masalah dalam peneliitian ini iyaitu: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam mengembangkan keterampilan membaca peserta didik Kelas 1 MI Ma’arif NU Terpadu Rowosari Ulujami Pemalang?, 2) Bagaimana pelaksanaannya?, dan 3) Bagaimana evaluasinya?. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengidentifiikasi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berdiferensiasi dalam mengembangkan keterampilan membaca peserta didik Kelas 1 MI Ma’arif NU Terpadu Rowosari Ulujami Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer berupa wawancara dengan guru kelas IVdan empat siswa perwakilan. Data juga diperoleh melalui observasi kegiatan pembelajaran dan dokumentasi terkait. Keabsahan data diperkuat dengan triangulasi teknik, yaitu menggabungkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa mplementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas 1 MI Ma’arif NU Terpadu Rowosari Ulujami Pemalang meliputi 1) Perencanaan berbasis asesmen diagnostik dan modul ajar sesuai kemampuan siswa dengan media variatif, 2) Pelaksanaan melalui pengelompokan, metode interaktif seperti membaca berpasangan dan role play, serta suasana belajar yang menyenangkan, dan 3) Evaluasi dengan asesmen formatif, bimbingan individual, serta pemberian penghargaan untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPuspitaningrum, DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Berdiferensiasi, Katerampilan Membaca.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Jul 2025 04:54
Last Modified: 08 Jul 2025 04:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13936

Actions (login required)

View Item View Item