Khashina, Kamelia. (2020) Pengaruh Metode Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika Kelas V Di MI Ma'arif Ar-Rohmah Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Permasalahan yang terjadi pada kelas V di MI Ma'arif Ar-Rohmah Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan yaitu kurangnya penguasaan siswa terhadap materi yang telah diajarkan, kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika, dan kurangnya keaktifan siswa. Faktor lain yang ikut menentukan berhasil tidaknya pendidikan anak adalah suasana dalam pembelajaran. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan metode snowball throwing, dimana tujuan dari metode ini adalah untuk memancing kreatifitas dalam membuat soal sekaligus menguji daya serap materi. Rumusan masalah dari penelitian adalah: (1) Bagaimana kemampuan pemecahan soal cerita matematika dengan menggunakan metode snowball throwing, (2) Bagaimana kemampuan pemecahan soal cerita matematika dengan menggunakan metode konvensional, (3) Adakah pengaruh penggunaan metode snowball throwing terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan soal matematika dengan menggunakan metode snowball throwing, untuk mengetahui kemampuan pemecahan soal cerita matematika dengan menggunakan metode konvensional, dan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode snowball throwing terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika kelas V di MI Ma'arif Ar-Rohmah Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan, jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain “posttest only control design”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis independent sample t-test. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest matematika siswa yang menggunakan metode snowball throwing dengan yang menggunakan metode konvensional. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis dimana diperoleh nilai rata-rata hasil posttest matematika siswa yang menggunakan metode snowball trowing sebesar 90,65 dan nilai rata-rata hasil posttest matematika siswa yang menggunakan metode konvensional sebesar 79,05 serta diperoleh thitung sebesar 3,213. Dengan db = (N1 + N2) - 2 = (20 + 19) – 2 = 37, pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel = 2,02619 sedangkan nilai thitung = 3,213. Berarti t0 > tt , artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian pada taraf signifikansi 1% diperoleh nilai ttabel = 2,71541 sedangkan nilai thitung = 3,213. Berarti t0 > tt , artinya H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Snowball Throwing dan Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika |
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Yanto Yanto |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 08:09 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 08:11 |
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1395 |
Actions (login required)
View Item |