Analisis Kesalahan Imla<’ Pada Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Kelas Viii Terbitan Kementerian Agama Tahun 2020

Aji, Akhmad Bayu (2025) Analisis Kesalahan Imla<’ Pada Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Kelas Viii Terbitan Kementerian Agama Tahun 2020. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119033_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2119033_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2119033_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Buju ajar bahasa Arab adalah salah satu komponen atau unsur yang menjadi sumber daya dalam terlaksananya proses pendidikan. Kenyataannya kesalahan imla>’ dalam buku Ajar seringkali kita temui ketika buku tersebut sudah di terapkan dalam pembelajaran. Terkadang juga masih terdapat beberapa susunan huruf, kata ataupun I’rab yang masih belum sesuai dengan kaidah yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa bentuk dan jenis kesalahan imla>’ yang belum sesuai dengan kaidah penulisan yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan bentuk Kesalahan imla>’ pada buku ajar bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII Terbitan Kementerian Agama Tahun 2020. 2) Mengidentifikasikan dan menganalisis jenis kesalahan imla>’ pada buku ajar bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII Terbitan Kementerian Agama Tahun 2020. 3) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan imla>’ pada buku ajar bahasa Arab Madrasah Tasanawiyah Kelas VIII Terbitan Kementerian Agama Tahun 2020. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian Library Research atau disebut juga dengan penelitian kepustakaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, riset yang dilakukan bersifat deskriptif dan analisis isi (content analysis). Sumber data primer pada penelitian ini adalah buku ajar bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah terbitan Kemeterian Agama Tahun 2020, sedangkan sumber data sekunder penelitian ini adalah buku al-kafi fi qawaidul-imla>’ wal-kitabah karya dari Prof. Dr. Aiman Amin Abdul Ghani serta merujuk pada beberapa teori terkait kaidah imla>’. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terdapat 22 bentuk kesalahan imla>’ pada buku ajar bahasa Arab. 2) Bentuk kesalahan imla>’ tersebut dapat diklasifikasikan dalam jenis kesalahan imla>’ yaitu kesalahan penulisan huruf hijaiyyah, kesalahan penulisan huruf yang boleh disambung dan tidak boleh disambung, kesalahan penulisan alif lam syamsiyyah, kesalahan penulisan harakat, dan kesalahan penulisan hamzah. Untuk mengatasi kelsahan imla>’. Dalam mengatasi kesalaha imla,’ 3) analisis kesalahan berbahasa memiliki peran penting. Selain itu, ketelitian seorang penulis juga menjadi sebuah faktor penting untuk mengatasi terjadinya kesalahan pada penulisan buku ajar dan sebelum masuk ketahap cetak sebaiknya untuk melakukan cek ulang, hal tersebut bertujuan untuk mencegah dari kesalahan sama yang berulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsbah, FaliqulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan, imla>’, Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Jul 2025 04:01
Last Modified: 08 Jul 2025 04:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13953

Actions (login required)

View Item View Item