Nisa, Kiki Adzkia Akmalun (2025) Investigating Social Strategies for Coping with Speaking Anxiety Among EFL Students: A Case Study. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2521078_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2521078_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2521078_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
Abstract
Kecemasan berbicara mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berkomunikasi secara efektif, terutama dalam bahasa Inggris. Bagi para EFL, hal ini merupakan sesuatu yang wajar terjadi ketika mereka berlatih berbicara karena bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu mereka. Oleh karena itu, siswa harus berusaha untuk menghadapi kesulitan tersebut agar tidak menjadi penghalang mereka dalam belajar bahasa Inggris. Salah satu cara untuk mengatasi speaking anxiety adalah dengan menggunakan strategi sosial. Strategi sosial melibatkan kontribusi dari pihak lain yang mana dalam kasus ini adalah teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor peran strategi sosial dalam membantu siswa untuk mengatasi kecemasan mereka ketika berbicara bahasa Inggris dan Kesulitan yang dihadapi para siswa dalam mengimplementasikan strategi tersebut. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi sosial dapat membantu siswa untuk menghadapi speaking anxiety ketika berbicara bahasa inggris. Peran dan dukungan teman sebaya berpengaruh untuk menambah rasa percaya diri siswa ketika tampil. Selain itu dorongan dari siswa itu sendiri untuk meyakinkan diri agar tetap maju walaupun sedang mengalami anxiety. Serta hambatan dalam mengimplementasikan strategi ini berupa konflik antar teman yang dapat mengganggu komunikasi dalam pertemanan. Konflik tersebut dapat diselesaikan jika pihak-pihak yang terkait saling terbuka dan memaafkan sehingga komunikasi dapat terjalin kembali dan dapat mengimplementasikan strategi sosial kembali. Studi ini menyimpulkan dengan wawasan praktis tentang bagaimana para siswa EFL menggunakan sosial strategi untuk mengatasi speaking anxiety.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Anxiety, Speaking, EFL Students, Social Strategies, Peers | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:10 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:10 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13972 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |