Sukma, Sinta Setiana (2020) Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan siswa kelas xi di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta yang berlatar belakang agama Islam dan menjadikan pendidikan agama sebagai salah satu mata pelajaran pokok yang harus diberikan pada siswa yang bertujuan agar siswa dapat mengetahui, menguasai, melaksanakan, dan mampu mengamalkan kegiatan keagamaan sehingga menjadi sebuah kebiasaan yang diharapkan dapat diterapkan dalam diri siswa baik di rumah, di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Adannya kegiatan keagamaan ini memberikan semangat pada siswa dengan terciptanya karakter siswa yang berakhlak baik yaitu religius, jujur, tanggung jawab, peduli sosial dan disiplin. Berdasarkan uraian diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Keddungwuni Pekalongan?, Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Keddungwuni Pekalongan? Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya meng gunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang dipaparkan dengan teknik analisis deskriptif maka analisanya berlangsung selama dan pasca pengumpulan data, yang dipaparkan dalam bentuk narasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafiiyah Proto berjalan dengan baik yaitu yang pertama, perencanaan yang berisi tentang kurikulum 2013, visi dan misi madrasah, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Yang kedua, pelaksanaan meliputi kegiatan keagamaan harian, kegiatan keagamaan bulanan, kegiatan tahunan dan kegiatan keagamaan insidental. Yang ketiga, yaitu dilakukan oleh kepala sekolah dan guru dengan mengadakan rapat setiap sebulan sekali dan mengawasi kegiatan keagamaan yang sedang berjalan di madrasah setiap harinya. Faktor pendukung dan faktor penghambat meliputi: Faktor pendukung yaitu dukungan dari kepala sekolah dan guru, dukungan dari siswa, dan dukungan dari sarana dan prasarana. Kemudian faktor penghambat yaitu hambatan dari beberapa siswa yang melanggar peraturan madrasah tetapi masih dapat diselesaikan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Karakter, Kegiatan Keagamaan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2021 03:06 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2021 03:06 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1400 |
Actions (login required)
View Item |