Manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMKN Kandeman Batang

Khikmah, Tri Nur (2020) Manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMKN Kandeman Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Manajemen pembelajaran pendidikan agama islam merupakan upaya-upaya peningkatan pengelolaan yang diterapkan oleh guru terhadap proses kegiatan belajar mengajar dalam bidang pendidikan agama islam baik yang dilaksanakan di dalam maupun di luar kelas, agar mencapai hasil pendidikan agama islam secara maksimal. Manajemen pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Setiap tenaga pendidik atau guru di SMKN Kandeman Batang selalu diwajibkan membuat perangkat pembelajaran, guna untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN Kandeman Batang? Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN Kandeman Batang? Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN Kandeman Batang? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN Kandeman Batnag.Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidian agama islam di SMKN Kandeman Batang.Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN Kandeman Batang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan penelitian lapangan (field research). Penelitian dilakukan di SMKN Kandeman Batang. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMKN Kandeman Batang. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru PAI. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data dan sumber. Analisis data menggunakan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa: Perencanaan pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN Kandeman Batang sudah memenuhi indikator yang penulis gunakan, hal ini dikarenakan perencanaan pembelajaran berupa RPP, silabus dan perangkat pembelajaran yang lainnya sudah tersedia. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru PAI mengajar sesuai dengan teori yang peneliti gunakan, ada tiga tahapan kegiatan yaitu: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam sudah berjalan secara objektif. Penilaian yang dilaksanakan guru SMKN Kandeman adalah penilaian autentik, yaitu penilaian proses dan penilaian hasil yang meliputi tiga aspek yaitu : aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:06
Last Modified: 11 Jun 2021 03:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1402

Actions (login required)

View Item View Item