Efektivitas Metode Mendongeng Berbantuan Boneka Tangan Pada Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Di Kb Flamboyan Sukorejo Kecamatan Kesesi

Suryani, Hamidah (2025) Efektivitas Metode Mendongeng Berbantuan Boneka Tangan Pada Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Di Kb Flamboyan Sukorejo Kecamatan Kesesi. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2420076_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (792kB)
[img] Text
2420076_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2420076_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan peneliti di KB Flamboyan Sukorejo masih menemukan beberapa anak yang perkembangan bahasanya belum memadai, hal ini dikarenakan Lembaga tersebut lebih memfokuskan anak untuk bisa membaca dan menulis. Mengenai hal tersebut diperlukan sebuah metode pembelajaran yang dapat meningkatkan perkembangan Bahasa anak, masalah yang ada dalam Lembaga berkaitan yaitu belum mempunyai media pembelajaran yang dapat mendukung metode pembelajaran yang lebih bervariasi. Sehingga peneliti, melakukan penelitian dengan metode pembelajaran dengan metode mendongen berbantuan boneka tangan untuk melatih perkembangan Bahasa anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah metode mendongeng dengan berbantuan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan Bahasa anak atau tidak ada peningkatan dalam perkembangan Bahasa anak di KB Flamboyan Sukorejo. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah quasi experimental design (penelitian dengan melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol) dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik sampling yang dilakukan peneliti adalah Teknik sampling yang melibatkan dua kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang seluruh populasinya berjumlah 32 anak yang dibagi 16 kelompok eksperimen dan 16 kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya efektivitas pembelajaran dengan metode mendongeng berbantuan boneka tangan dalam perkembangan Bahasa anak usia 4-5 tahun di KB Flamboyan Sukorejo Kecamatan Kesesi. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis paired sample t-test yang bernilai sig 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukan bahwa hasil penelitian signifikan. Hal ini juga dibuktikan dari hasil observasi awal (pretest)pada kelas A1 (kelas eksperimen), anak mendapat nilai rata-rata 12.75%. Dengan demikian peneliti memberikan sebuah metode pembelajaran yang dapat membantu dalam melatih perkembangan berbahasa anak melalui metode mendongeng berbantuan boneka tangan. Setelah diberikan tindakan melalui metode mendongeng berbantuan boneka tangan, kemampuan berbahasa anak mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dari hasil observasi akhir (posttest) kelas A1 (kelas eksperimen) dan mendapatkan nilai rata-rata 16.50%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrabowo, Dimas SetiajiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahasa Anak, Mendongeng, Boneka tangan, Anak Usia Dini.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 07 Jul 2025 04:48
Last Modified: 07 Jul 2025 04:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14024

Actions (login required)

View Item View Item