"Self-Regulated Vocabulary Learning Through Animes: Strategies And Challenges"

Surya Maulana, Surya (2025) "Self-Regulated Vocabulary Learning Through Animes: Strategies And Challenges". Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2520068_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2520068_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2520068_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perolehan kosakata merupakan komponen penting dalam penguasaan bahasa Inggris, terutama bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. Namun, metode pembelajaran konvensional seringkali tidak mampu membangkitkan motivasi dan keterlibatan siswa secara optimal. Penelitian ini mengusulkan metode alternatif melalui pembelajaran kosakata berbasis anime dengan pendekatan pembelajaran regulasi diri (self-regulated learning). Dengan menggunakan metode studi kasus kualitatif, penelitian ini melibatkan dua mahasiswa yang aktif menggunakan anime sebagai media belajar kosakata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta menerapkan strategi yang berbeda dalam tiga fase utama pembelajaran regulasi diri: perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi diri. Meskipun mereka menghadapi tantangan seperti distraksi alur cerita, ketergantungan pada subtitle, dan kesulitan memahami konteks informal, keduanya berhasil mengembangkan strategi adaptif untuk mengatasi hambatan tersebut. Temuan ini memberikan kontribusi berharga bagi pengajar, mahasiswa, dan pengembang kurikulum dalam merancang metode pembelajaran kosakata yang lebih menarik, mandiri, dan kontekstual.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAhmad Burhanuddin, M.A., Bp. Burhanuddin198512152015031004-
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kosakata, Anime, Pembelajaran Regulasi Diri, Mahasiswa ELT.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 420 English and Old English, Anglo-Saxon (Bahasa Inggris, Anglo-Saxon) > 420 English/Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Jul 2025 06:17
Last Modified: 08 Jul 2025 06:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14037

Actions (login required)

View Item View Item