Jamilah, Elok Indah (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mat A Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smpn 2 Bojong. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121209_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121209_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2121209_LampiranSkripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencapai tujuan pendidikan. PBL menekankan penyelesaian masalah sebagai inti pembelajaran dan mendorong peserta didik untuk menjadi kreatif, aktif, dan kritis dalam mencari solusi masalah. Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Bojong. Pendekatan yang digunakan pada studi ini yaitu kuantitatif dengan analasis regresi linear sederhana, serta pengolahan data menggunakan IBM SPSS Statistic versi 24. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu dari uji regresi linear sederhana diperoleh hasil yang menunjukan bahwa model persamaan regresi untuk mengetahui motivasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh model Problem Based Learning adalah Y=14,066+0,655X. Menunjukkan bahwa setiap kenaikan model PBL (X) sebanyak satu-satuan, akan terjadi kenaikan motivasi belajar siswa (Y) rata-rata skor 0,655. Dengan kata lain bahwa setiap peningkatan satu skor variabel X mengakibatkan peningkatan variable Y sebesar 0,655 pada konstanta 14,066. Dari uji t ditemukan bahwa nilai thitung>ttabel (6,249 >3,220 ), jadi dapat diketahui bahwa model problem based learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran. Dari uji R Square, besarnya nilai korelasi/hubungan (R) yaitu 0,616. Diperoleh koefisien determinasi (R Square) 0,379 yang menjelaskan bahwa pengaruh variabel bebas (model PBL) terhadap variabel terikat (motivasi belajar) adalah sebesar 37,9%. Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa implikasi praktis yang dapat dimanfaatkan oleh guru dalam pengelolaan pembelajaran di kelas. Guru dapat menerapkan model Problem Based Learning (PBL) sebagai strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Motivasi Belajar. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 04:26 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 04:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14045 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |