Implementasi Pembelajaran Ke-NU-An Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas VIII Di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan

Fikriyah, Qotrotul (2025) Implementasi Pembelajaran Ke-NU-An Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas VIII Di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121029_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121029_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2121029_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran Ke-NU-an memiliki peran penting dalam membentuk karakter religius siswa yang sesuai dengan nilai-nilai Ahlussunnah wal Jama’ah, khususnya di lingkungan sekolah berbasis Nahdlatul Ulama. Karakter religius merupakan bagian dari tujuan utama pendidikan nasional, yang mencakup pembentukan kepribadian beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan, pembelajaran Ke-NU-an diharapkan mampu menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai keislaman dalam diri siswa kelas VIII, terutama karena mereka berada dalam fase perkembangan karakter yang signifikan. Namun dalam praktiknya, pembelajaran ini menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya kesadaran siswa terhadap nilai-nilai Ke-NU-an dan rendahnya partisipasi dalam kegiatan keagamaan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1) Bagaimana implementasi pembelajaran Ke-Nu-an dalam membentuk karakter religius siswa kelas VIII di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan?, 2) Bagaimana karakter religius siswa kelas VIII di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan?, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran Ke-NU-an dalam membentuk karakter religius siswa kelas VIII di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan?. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Ke-NU-an dalam membentuk karakter religius siswa kelas VIII di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam implementasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber primer yaitu guru mata pelajaran Ke-NU-an, kepala sekolah, dan 3 siswa kelas VIII, serta sumber sekunder berupa dokumen, catatan, dan arsip yang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Ke-NU-an dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pembelajaran dilaksanakan dengan memanfaatkan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan keteladanan yang berorientasi pada penguatan nilai-nilai Ke-NU-an. Hasilnya, pembelajaran ini berkontribusi dalam membentuk karakter religius siswa yang tercermin dalam kedisiplinan ibadah, sikap toleransi, dan kepedulian sosial. Faktor pendukung meliputi Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran Ke-NU-an kelas VIII di SMP NU Karangdadap dalam membentuk karakter religius siswa diantaranya materi pembelajaran yang mendukung, kegiatan sekolah yang menunjang, dan implementasi pembiasaan positif bagi siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran dan antusiasme siswa, terbatasnya waktu pembelajaran, serta sarana dan prasarana yang belum memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayat, M. MujibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Ke-NU-an, Karakter, Religius
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 09 Jul 2025 02:35
Last Modified: 09 Jul 2025 02:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14046

Actions (login required)

View Item View Item