Pengaruh Social Proof, Harga, Dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus: Konsumen Kosmetik Wardah Di Kota Tegal)

Rosyidatunnuha, Diva (2025) Pengaruh Social Proof, Harga, Dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus: Konsumen Kosmetik Wardah Di Kota Tegal). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221040_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4221040_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
4221040_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kecantikan telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat modern, terutama bagi perempuan yang menjadikannya sebagai bentuk ekspresi diri sekaligus kebutuhan mendasar. Perkembangan teknologi digital turut mendorong banyaknya platform marketplace seperti Shopee, yang menjadi media utama konsumen dalam mencari dan membeli produk kecantikan secara praktis dan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social proof, harga, dan metode pembayaran terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah pada marketplace Shopee, dengan fokus pada konsumen di wilayah Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, serta data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 96 responden. Sampel dari konsumen kosmetik wardah di wilayah kota tegal. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk menguji pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dengan menggunkan bantuan softwere IBM SPSS Statistic 25.0. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel harga dan metode pembayaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara itu, variabel social proof tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, yang mengindikasikan bahwa ulasan dan testimoni konsumen tidak menjadi faktor dominan dalam proses pengambilan keputusan pada produk ini. Secara simultan menunjukkan bahwa ketiga variabel social proof, harga, dan metode pembayaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, menunjukkan bahwa kombinasi faktor tersebut turut membentuk perilaku konsumen. Temuan ini juga dikaji dalam perspektif ekonomi Islam dengan menyoroti keadilan harga, transparansi ulasan, dan kesesuaian metode pembayaran dengan akad syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNingtyas, Jilma Dewi AyuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Social proof, Harga, dan Metode Pembayaran
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:45
Last Modified: 08 Jul 2025 08:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14049

Actions (login required)

View Item View Item