Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) untuk Meningkatkan Self-Esteem Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bojong

Rosidah, Isnaini (2025) Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) untuk Meningkatkan Self-Esteem Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bojong. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621032_Bab I dan Bab V.pdf

Download (67MB)
[img] Text
2621032_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276MB)
[img] Text
2621032_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) 2022 menunjukkan bahwa kemampuan matematis siswa di Indonesia masih tergolong rendah, dengan skor rata-rata di bawah standar internasional. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika adalah self-esteem matematis siswa yang kurang optimal. Siswa dengan self-esteem rendah cenderung kurang percaya diri dalam menyelesaikan masalah matematika dan lebih cenderung menghindari tantangan dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan ini, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) untuk meningkatkan self-esteem matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Bojong. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 68 siswa, yang terbagi menjadi kelas eksperimen (36 siswa) yang menerapkan model ARIAS dan kelas kontrol (36 siswa) yang menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Paired Samples t-Test dan Independent Sample t-Test). Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ARIAS efektif dalam meningkatkan self-esteem matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Bojong. Keterlaksanaan pembelajaran mencapai 89% dalam kategori sangat baik. Hasil uji Paired Sample t-Test menunjukkan adanya peningkatan signifikan self-esteem siswa setelah penerapan model ARIAS (sig. 2-tailed = 0,000 < 0,05). Selain itu, hasil uji Independent Samples t-Test juga menunjukkan perbedaan signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol (sig. 2-tailed = 0,000 < 0,05), dengan siswa di kelas eksperimen memiliki nilai self-esteem yang lebih tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam self-esteem matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Bojong.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetyawan, M. AdinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Self-Esteem Matematis, Model Pembelajaran ARIAS, Kuasi-Eksperimen
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 516.24 Trigonometry/Trigonometri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 10 Jul 2025 07:13
Last Modified: 10 Jul 2025 07:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14059

Actions (login required)

View Item View Item