Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam membangun nilai – nilai religius pada program kejar paket c di pkbm mutiara ilmu Desa Tlogohendro Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan

Soviyah, Siti (2020) Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam membangun nilai – nilai religius pada program kejar paket c di pkbm mutiara ilmu Desa Tlogohendro Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dari hasil observasi yang peneliti lakukan, PKBM Mutiara Ilmu DesaTlogo hendro Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai kredibilitas tinggi akan keagamaannya. Dapatdikatakanjugabahwapesertadidik di PKBM Mutiara Ilmu Desa Tlogo hendro Kecamatan Petungkriyono sudah berakhlakul karimah, hal ini terlihat dari peserta didik yang santun ketika berkomunikasi dengan penulis yang merupakan orang tak dikenal.Ketika bertemu dengan pendidik pun bersalaman dan mengucap salam. Serta belum didapatkan data bahw asiswa melanggar peraturan yang diberlakukan di PKBM.Hal ini menunjukkan bahwa nilai – nilai religious berupa akhlak dan kedisiplinan sudah melekat pada diri siswa.Selain nilai – nilai religius yang telah penulis temukan, penulis ingin mengetahui penanaman nilai – nilai religious tersebut dapat melekat di dalam diri peserta didik. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada program kejar paket C di PKBM Mutiara Ilmu Desa Tlogo hendro Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan dan bagaimana membangun nilai – nilai religious pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada program kejar paket C di PKBM Mutiara Ilmu DesaTlogo hendro Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif.Metode pengumpulan datany ayaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduksi, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Program Kejar Paket C di PKBM Mutiara Ilmu DesaTlogo hendro Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.Dalam proses kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam perlu dilakukan penanaman nilai – nilai religius. Pembangunan nilai – nilai religious ini penting dalam rangka kependidikan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik.Nilai – nilai religius yang diterapkan di PKBM Mutiara Ilmu Desa Tlogo hendro Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan diantaranya nilai religius, nilai tanggung jawab, nilai akhlak dan kedisiplinan. Nilai – nilai religious tersebut dapat dibangun melalui metode – metode pembelajaran yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode member pengawasan/perhatian dan metode hukuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuraji, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, KejarPaket, NilaiReligius
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:07
Last Modified: 11 Jun 2021 03:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1407

Actions (login required)

View Item View Item