Safitri, Heni Tyas (2025) Strategi Pembelajaran Paibp Melalui Audio Visual Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Kelas Xi Di Smk N 1 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2119132_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2119132_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2119132_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Heni Tyas Safitri. 2025. “Strategi Pembelajaran PAIBP Melalui Audio Visual Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Kelas XI Di SMK N 1 Pekalongan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Dr. Slamet Untung, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Media, Kejenuhan. Strategi pembelajaran dari seorang guru sangat berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa agar tidak merasa jenuh dan bosan. Permasalahan yang sering terjadi pada siswa sekarang yaitu sering terjadinya kejenuhan di dalam kelas atau rasa bosan yang terjadi pada saat proses pembelajaran berlangsung menyebabkan pendidik harus mencari cara agar kejenuhan bisa sedikit teratasi. Maka pada penelitian ini peneliti tertarik dan ingin melakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang membuat siswi-siswi di SMK N 1 Kota Pekalongan khususnya kelas XI jurusan kecantikan merasa jenuh terhadap mata pelajaran PAIBP dan menganalisis terkait media audio visual yang digunakan oleh guru PAIBP dalam mengatasi kejenuhan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) bagaimana faktor penyebab kejenuhan belajar peserta didik pada pelajaran PAIBP di SMK N 1 Pekalongan dan (2) bagaimana strategi pendidik melalui media audio visual dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik pada pelajaran PAIBP di SMKN 1 Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui faktor penyebab kejenuhan belajar dan (2) strategi pendidik melalui media audio visual dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik pada pelajaran PAIBP di SMKN 1 Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif untuk mengetahui faktor penyebab kejenuhan belajar meliputi Personal, Characteristic, Social Support, Courseload. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa faktor penyebab kejenuhan siswi kelas XI Kecantikan SMK N 1 Pekalongan dalam pembelajaran PAIBP yaitu meliputi faktor karakteristik pribadi, faktor vii dukungan sosial dan faktor beban akademis yang berlebihan. Media audio visual yang digunakan oleh guru PAIBP dalam mengatasi faktor kejenuhan tersebut yaitu melalui media audio visual diam yaitu berupa aplikasi Islamic yang berisi ilustrasi materi dan quiz, serta menayangkan video atau film pendek yang berkaitan dengan materi agar siswi merasa tidak jenuh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Media, Kejenuhan. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 04:38 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 04:38 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14075 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |