Pengaruh Citra Destinasi, Produk Wisata, Dan E-Wom Terhadap Keputusan Berkunjung Di Wisata Kuliner Tradisional (Studi pada Wisata Pasar Slumpring, Kabupaten Tegal)

Rizqiyani, Sabila (2025) Pengaruh Citra Destinasi, Produk Wisata, Dan E-Wom Terhadap Keputusan Berkunjung Di Wisata Kuliner Tradisional (Studi pada Wisata Pasar Slumpring, Kabupaten Tegal). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4121090_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4121090_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4121090_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Wisata kuliner merupakan segmen industri pariwisata yang saat ini sedang berkembang. Wisata kuliner mendapat banyak perhatian karena kontribusinya baik secara sosial, budaya, ekonomi, dan lingkungan. Salah satu destinasi yang mengusung konsep budaya adalah Pasar Slumpring di Kabupaten Tegal, yang menawarkan konsep tradisional dan mengenalkan kearifan lokal melalui kuliner. Namun, meskipun memiliki konsep unik, jumlah kunjungan wisatawan belum menunjukkan peningkatan signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra destinasi, produk wisata, dan E-WOM terhadap keputusan berkunjung ke Pasar Slumpring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 100 responden yang pernah berkunjung ke Pasar Slumpring. Penentuan sampel menggunakan rumus Lemeshow karena populasi tidak diketahui. secara pasti. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS 4.1.1.2. Hasil Penelitian menunjukan : (1) Citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, dengan nilai β = 0,356 dan p-value 0,00 < 0,050 (2) Produk wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, dengan nilai (β = 0,166 dan p-value 0,048 < 0,050 (3) E-WOM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan nilai β = 0,359 dan p-value 0,000 < 0,050. (4) Citra Destinasi, Produk Wisata dan E-WOM secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung dengan nilai R-Square 0,510 yang menunjukan bahwa variabel independent dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 51% sedangkan 49% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain. Pada hasil F-square menunjukan citra destinasi memberikan pengaruh paling dominan terhadap keputusan berkunjung di Pasar Slumpring, yang kemudian diikuti oleh E-WOM dan produk wisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyid, Ahmad197903312006041003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Citra Destinasi, Produk Wisata, E-WOM dan Keputusan Berkunjung
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:42
Last Modified: 09 Jul 2025 03:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14086

Actions (login required)

View Item View Item