Implementasi Media Kartu Bergambar Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Di Kelas IV MI NU Rowolaku Kajen Pekalongan

Yusliha, Ilma (2025) Implementasi Media Kartu Bergambar Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Di Kelas IV MI NU Rowolaku Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221080_Cover_bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2221080_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2221080_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penguasaan mufradat (kosakata) yang tidak memadai membuat peserta didik akan kesulitan memahami teks dan mengekspresikan ide dalam bahasa Arab secara tepat, hal ini terlihat dari kurangnya ketertarikan peserta didik dalam belajar bahasa Arab dengan menyesuaikan diri dalam kelas, minimnya media pembelajaran yang di gunakan, dan kurangnya kefokusan diri siswa ketika berada di dalam kelas membuat siswa kurang maksimal tidak memmenuhi target yang di capai sehingga menjadi pembelajaran bahasa Arab di rasa kurang efektif. Dalam proses belajar mengajar mufradat dalam bahasa Arab perlu adanya atensi agar peserta didik mahir dalam membaca sesuai makharijul huruh, qawa’id dan memahami isi teks yang terkandung dalam kalimat bahasa Arab. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana implementasi media kartu bergambar dalam meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab di kelas IV MI NU Rowolaku Kajen Pekalongan? (2) bagimana efektivitas media kartu bergambar dalam meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab di kelas IV MI NU Rowolaku Kajen Pekalongan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Varibel independent (X) dan variabel depedent (Y) yang digunakan dalam penelitian ini. Teknk pengumpulan data observasi, wawancara, angket/kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi analisis deskriptif, uji normalitas, uji homoginitas, dan hipotesis uji T. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukan bahwa implementasi media kartu bergambar memberikan pengaruh terhadap peningkatan penguasaan mufradat bahasa Arab. (1) Variebel penguasaan mufradat (X) nilai Pre-test pada kelompok eksperimen mendapat nilai rata-rata 50,00. Sementara perolehan post-testnya mempunyai nilai signigfikan dengan rata-rata 87,69. (2) Variabel media kartu (Y) hasil ini didukung oleh uji T yang menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar efektif meningkatkan penguasaan mufradat. Selain itu, siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan mudah memahami materi berkat bantuan visual yang menarik dan kontekstual. Hal ini menjukukan bahwa media kartu bergambar dapat meningkatakan penguasaan mufradat bahasa Arab di kelas IV MI NU Rowolaku Kajen Pekalongan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyukron, Akhmad Aufa199411202020121013UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Kartu, Mufradat, Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:47
Last Modified: 14 Jul 2025 03:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14097

Actions (login required)

View Item View Item