Peran Ukm Hafilah Dalam Menunjang Kemampuan Berbahasa Arab Di Uin Kh. Abdurrahman Wahid Pekalongan Tahun 2024

Alfiana, Milda (2025) Peran Ukm Hafilah Dalam Menunjang Kemampuan Berbahasa Arab Di Uin Kh. Abdurrahman Wahid Pekalongan Tahun 2024. Diploma thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221029_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2221029_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2221029_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan berbahasa Arab merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi Islam. Di Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan, penguasaan bahasa Arab tidak hanya dibutuhkan dalam konteks akademik, tetapi juga dalam pengembangan diri dan komunikasi keilmuan yang berbasis teks-teks Arab. Namun, realitas menunjukkan bahwa banyak mahasiswa masih mengalami hambatan dalam keterampilan berbicara bahasa Arab, seperti kurang percaya diri, keterbatasan kosakata, serta kesulitan dalam pelafalan. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Hafilah hadir sebagai organisasi kemahasiswaan yang menyediakan ruang pengembangan bahasa Arab melalui pelatihan nonformal, khususnya dalam bentuk syi’ir, khiṭābah, dan debat bahasa Arab. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dirancang untuk menjawab dua rumusan masalah, yaitu: bagaimana peran UKM Hafilah dalam menunjang kemampuan berbahasa Arab mahasiswa, dan apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pelatihan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran UKM Hafilah sebagai wadah pembinaan keterampilan berbicara mahasiswa dalam bahasa Arab, serta mengidentifikasi faktor-faktor penghambat yang memengaruhi efektivitas program pelatihan yang diselenggarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh UKM Hafilah. Subjek dalam penelitian ini meliputi pengurus UKM, tutor pelatihan, serta peserta aktif dari masing-masing bidang pelatihan. Data dianalisis secara induktif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai kontribusi UKM Hafilah dalam menunjang kemampuan berbahasa Arab mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UKM Hafilah memiliki peran yang signifikan dalam menunjang kemampuan berbahasa Arab mahasiswa, khususnya dalam aspek ekspresi lisan. Pelatihan syi’ir, khiṭābah, dan debat terbukti mampu meningkatkan kepercayaan diri, memperluas kosakata, serta membiasakan mahasiswa dalam berbicara secara terstruktur dan komunikatif. Meskipun demikian, pelaksanaan pelatihan masih menghadapi sejumlah kendala, seperti keterbatasan waktu, minimnya kontribusi sebagian pengurus, kurangnya konsistensi peserta, serta belum tersedianya fasilitas pelatihan yang memadai. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa UKM Hafilah berperan sebagai sarana alternatif pembinaan keterampilan berbahasa Arab secara aktif dan aplikatif, meskipun perlu dilakukan optimalisasi dalam aspek manajerial dan fasilitas pendukung

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuasomah, M.A., Muasomah199012152019032018UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: UKM Hafilah, kemampuan berbahasa Arab, pelatihan syi’ir,Khiṭābah, debat.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Jul 2025 04:03
Last Modified: 11 Jul 2025 04:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14099

Actions (login required)

View Item View Item