Implementasi Pembelajaran Kitab Aqidatul Awwam Untuk Menanamkan Nilai Aqidah Pada Siswa Kelas III Di MSI 14 Takhasus Medono Pekalongan

Kamilah, Dina (2025) Implementasi Pembelajaran Kitab Aqidatul Awwam Untuk Menanamkan Nilai Aqidah Pada Siswa Kelas III Di MSI 14 Takhasus Medono Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321096_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321096_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2321096_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran kitab Aqidatul Awwam di MSI 14 Takhasus Medono Pekalongan merupakan bagian dari program takhasus yang bertujuan menanamkan nilai-nilai aqidah sejak dini melalui pembiasaan membaca dan menghafal nadzam berisi ajaran tauhid. Meskipun telah diterapkan secara rutin di kelas III, dalam praktiknya masih ditemukan berbagai kendala seperti keterbatasan waktu, kemampuan siswa dalam menulis Arab Pegon, serta pemahaman terhadap isi kitab yang disampaikan dalam bahasa krama. Kesenjangan ini menunjukkan perlunya strategi pembelajaran yang lebih efektif agar tujuan penanaman nilai aqidah dapat tercapai secara optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran kitab Aqidatul awwam untuk menanamkan nilai aqidah pada siswa kelas III di MSI 14 Takhasus Medono Pekalongan?, 2) Bagaimana kendalanya?, dan Bagaimana solusinya?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pembelajaran kitab Aqidatul awwam untuk menanamkan nilai aqidah pada siswa kelas III di MSI 14 Takhasus Medono Pekalongan, serta menganalisis kendala dan menganalisis solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan kepala madrasah, guru kitab, dan perwakilan siswa kelas III, serta observasi di kelas III di MSI 14 Takhasus Medono Pekalongan. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi terkait implementasi pembelajaran kitab aqidatul awwam untuk menanamkan nilai aqidah. Keabsahan data dijamin melalui triangulasi sumber yaitu hasil wawancara kepala madrasah, guru kitab, dan perwakilan siswa. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk menarik kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) implementasi pembelajaran kitab Aqidatul Awwam di kelas III MSI 14 Takhasus Medono Pekalongan dilakukan secara terencana melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan pendekatan yang komunikatif dan kontekstual untuk menanamkan nilai aqidah secara menyeluruh; 2) pembelajaran menghadapi kendala berupa keterbatasan waktu, kesulitan siswa dalam menghafal dan memahami nadzam, rendahnya fokus siswa, serta tantangan dalam penilaian sikap religius; dan 3) solusi yang diterapkan meliputi optimalisasi waktu, penggunaan irama dan metode menarik, pendekatan kontekstual, serta penilaian afektif melalui pengamatan keseharian siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyukron, Akhmad AufaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kitab, Aqidatul Awwam, Nilai Aqidah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 10 Jul 2025 07:22
Last Modified: 10 Jul 2025 07:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14104

Actions (login required)

View Item View Item