Implementasi Metode Reistasi Berbasis Daring Dalam Pembelajaran Tematik Tema 8 Subtema 2 Kelas V MI Minhajul Atqiya’ Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan

Azis, M. Dul (2020) Implementasi Metode Reistasi Berbasis Daring Dalam Pembelajaran Tematik Tema 8 Subtema 2 Kelas V MI Minhajul Atqiya’ Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya virus corona yang berkembang di Negara Indonesia yang menjadikan sistem pendidikan di Indonesia berubah baik dari kurikulum pembelajaran, penentuan kenaikan, kelulusan, hingga pengaturan anggaran seperti BOS, BOP dan lainnya. Hal ini terjadi karena merebaknya wabah pandemi virus corona di Indonesia. Pembelajaran yang biasanya bersifat tatap muka sekarang berubah menjadi pembelajaran daring / online. Setiap guru dan siswa harus menerapkan prinsip jaga jarak sehingga guru dan siswa tidak diperbolehkan melaksanakan pembelajaran tatap muka ditengah pandemi virus corona. Maka dari itu perlu adanya inovasi pembelajaran yang cocok diterapkan pada masa pandemi ini salah satunya dengan metode resitasi berbasis daring. MI Minhajul Atqiya’ Kecamatan Doro merupakan salah satu sekolah yang menerapkan metode resitasi berbasis daring. Permasalahan yang dibahas pada skripsi ini adalah bagaimana implementasi metode resitasi berbasis daring diterapkan di MI Minhajul Atqiya’? dan apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi metode resitasi berbasis daring? Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan implementasi metode resitasi berbasis daring di MI Minhajul Atqiya’.Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode resitasi berbasis daring di MI Minhajul Atqiya’. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field reseach), dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang dilakukan secara interaktif melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Resitasi yang diberikan di MI Minhajul Atqiya’ Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan seperti membuat karya, keterampilan, atau melakukan suatu pekerjaan yang diberikan melalui aplikasi Whatsapp. Setelah siswa mengerjakan resitasi, guru mengoreksi hasil pekerjaan siswa dan disampaikan hasil belajar siswa melalui whatsapp grup. Perangkat teknologi yang dibutuhkan dalam penerapan metode resitasi berbasis daring yaitu meliputi Hp/Smartphone, laptop, komputer, kuota internet yang cukup, sinyal internet yang stabil, jaringan listrik. Pelaksanakan evaluasi dengan cara meminta hasil pekerjaan siswa dalam bentuk foto/video/jawaban/prakarya melalui aplikasi pesan whatsapp. Faktor Pendukung penerapkan metode resitasi berbasis daring diantaranya adalah: pembelajaran menggunakan media, penggunaan alat komunikasi, adanya kerjasama yang terjalin antara guru dengan wali murid. Sedangkan faktor penghambatnya diantaranya adalah: kurangnya sarana pendukung pembelajaran, kondisi orang tua yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRizkiana, RizkianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Daring
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 08 Jun 2021 03:37
Last Modified: 08 Jun 2021 03:37
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1411

Actions (login required)

View Item View Item