Fadlilah, Jihan (2025) Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Hafalan Surat Pendek Pada Anak Usia Dini Di Tk Nurul Islam Unggul Kulu Karanganyar Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2418076_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2418076_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2418076_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Fadlilah, Jihan. 2025. Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Hafalan Surat Pendek Pada Anak Usia Dini di TK Nurul Islam Unggul Kulu Karanganyar Pekalongan. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Dian Rif’iyati M.S.I. Kata Kunci : Hafalan Surat Pendek, Metode Talaqqi, Anak Usia Dini. Pendidikan Al-Qur’an adalah bagian paling penting dalam proses penanaman nilai agama dan moral bagi anak usia dini, anak mulai mampu menerima pendidikan Al- Qur’an, salah satunya menghafal surat-surat pendek (Juz 30) idealnya sejak 4-6 tahun. Namun, fenomena yang terjadi di lapangan menunjukan adanya kesenjangan antara semangat menghafal dan kulitas bacaan anak-anak yang masih rendah. Oleh karena itu, metode talaqqi dapat menjadi salah satu solusi dalam pembelajaran hafalan pada anak usia dini dengan kualitas hafalan sesuai dengan kaidah hukum tajwid. Metode ini merupakan gabungan dari beberapa langkah seperti, mendengarkan, pengulangan, pembetulan, dan pennyetoran hafalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran menghafal surat pendek pada anak usia dini di TK Nurul Islam Kulu serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini melalui tiga tahap yaitu tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode talaqqi diterapkan dengan teknik pengulangan dan koreksi langsung oleh guru. Dalam implementasi metode talaqqi pada pembelajaran menghafal surat pendek di TK Nurul Islam Kulu terdiri dari tiga tahap. (1) Perencanaan, meliputi: menentukan kelompok hafalan, , menentukan rencana pembelajaran hafalan, dan melakukan persiapan pembelajaran seperti membuat rekaman suara materi hafalan, melakukan penyeragaman bacaan pada semua guru. (2) Pelaksanaan, proses pembelajaran dengan metode talaqqi diawali dengan salam pembuka, kemudian guru membacakan ayat, siswa menirukan secara berulang- ulang, dilanjutkan dengan siswa satu persatu membacakan ayat di depan guru guna memeriksa dan mengoreksi ketepatan pelafalan ayat. (3) Evaluasi, meliputi: Evaluasi mingguan dan evaluasi hasil belajar dengan indikator penilaian kelancaran, pelafalan huruf dan panjang pendek, serta kaidah hukum tajwid. Adapun faktor pendukung dalam proses implementasi meliputi siswa yang fokus dalam pembelajaran, kerja sama antara guru dan orang tua, komitmen guru yang tinggi, serta pemanfaatan teknologi dan media sosial. Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi metode ini yaitu terbatasnya waktu pembelajaran, siswa bosan menunggu giliran, orang tua yang tidak ikut andil dalam mengontrol hafalan siswa, serta konsistensi kehadiran siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Hafalan Surat Pendek, Metode Talaqqi, Anak Usia Dini. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:24 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 07:24 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |