Ajrina, Istiqomah (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Man 01 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
2121087_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121087_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2121087_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Masalah yang muncul di MAN 01 Kota Pekalongan terkait dengan pengajaran akidah akhlak adalah kurangnya antusiasme siswa dalam mengikuti pelajaran, sehingga guru perlu menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Pemanfaatan media pembelajaran sangat penting dalam proses belajar mengajar karena dapat meningkatkan semangat dan motivasi siswa. Salah satu media pembelajaran yang menarik yang diterapkan di MAN 01 Kota Pekalongan adalah Canva. Para guru akidah akhlak secara intensif menggunakan media Canva karena mereka menganggap bahwa media ini sangat efektif untuk diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana Media Pembalajaran Canva Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MAN 01 Kota Pekalongan dan Bagaimana Motivasi Belajar Siswa Di MAN 01 Kota Pekalongan? Apakah Terdapat Pengaruh Media Pembelajaran Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MAN 01 Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, serta jenis penelitian yaitu penelitian Field Research. Teknik analisis data dalam penelitian ini memakai teknik regresi linier sederhana serta bantuan dari program SPSS 22,0 for Windows Version. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwasanya pengaruh media pembelajaran canva terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak, memperoleh t hitung > t tabel yaitu 7,342 > 1,661 pada taraf signifikansi 5%, juga diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga kesimpulan di dapat bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian koefisien determinasi sebesar 0,025 artinya media pembelajaran canva mempunyai pengaruh sebesar (0,025 x 100% = 02,5%). Hal ini diartikan bahwa media pembelajaran canva berkontribusi sebesar 02,5% terhadap motivasi belajar siswa di MAN 01 Kota Pekalongan. Maka, hasil sisa 97,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar media pembelajaran canva terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Canva, Motivasi Belajar, Aqidah Akhlak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 02:15 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 02:15 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14137 |
Available Versions of this Item
- Pengaruh Media Pembelajaran Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Man 01 Kota Pekalongan. (deposited 14 Jul 2025 02:15) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |