Sephiana, Evi (2025) Penerapan Metode Fashohati Dalam Meningkatkan Mahārah Qirā’ah Pada Santri Tpq Sullamuttaufiq Pakumbulan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2221076_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2221076_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2221076_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan membaca teks bahasa Arab (mahārah qirā’ah) sangat penting bagi santri TPQ, namun di TPQ Sullamuttaufiq Pakumbulan Pekalongan kemampuan ini masih rendah akibat kurangnya minat belajar dan penggunaan metode yang kurang tepat. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan metode pembelajaran yang efektif dan menarik, salah satunya adalah metode fashohati yang menekankan kejelasan dan ketepatan dalam membaca. Rumusan masalah dalam penelitian ini dirumuskan dalan dua pertanyaan pokok, pertama Bagaimana Penerapan Metode Fashohati Dalam Meningkatkan Mahārah Qirā’ah Pada Santri TPQ Sullamuttaufiq Pakumbulan Pekalongan dan yang kedua Bagaimana Peningkatan Mahārah Qirā’ah melalui metode fashohati Pada Santri TPQ Sullamuttaufiq Pakumbulan Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jenis quasi experimental design dengan teknik dan intrumen pengumpulan data yaitu obesrvasi, tes pre-test dan post test, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumental, uji normalitas, uji homogenitas, uji deskriptif, dan uji hipotesis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Metode Fashohati Dalam Mengembangkan Mahārah Qirā’ah pada Santri TPQ Sullamuttaufiq Pakumbulan Pekalongan dan mengetahui Peningkatan Mahārah Qirā’ah melalui metode fashohati Pada Santri TPQ Sullamuttaufiq Pakumbulan Pekalongan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai signifikansi kelas eksperimen dan kelas kontrol 0,00 < 0,05 maka menunjukkan bahwa adanya perbedaan sebelum dan sesudah diterapkannya metode pembelajaran.dan berdasarkan hipotesis awal menunjukkan bahwa pembelajaran metode fashohati terhadap peningkatan Mahārah Qirā’ah Pada Santri TPQ Sullamuttaufiq Pakumbulan Pekalongan. Hasil nilai post-test untuk nilai terendah kelas kontrol yaitu 40 dan kelas eksperimen yaitu 45. Hasil nilai posttest untuk nilai tertinggi kelas kontrol yaitu 86 dan kelas eksperimen yaitu 92. Hasil nilai post-test untuk nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 73,80 dan kelas eksperimen yaitu 81,90. Dapat disimpulkan Penerapan Metode Fashohati terdapat peningkatkan Mahārah Qirā’ah Pada Santri TPQ Sullamuttaufiq.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Fashohati, Mahārah Qirā’ah | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 02:24 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 02:24 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |